Dinsos Jabar Salurkan Bantuan Korban Banjir Karawang dan Subang

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah mengirimkan bantuan kebutuhan dasar untuk warga terdampak banjir di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Subang.

Langkah tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu setiap kejadian bencana pemerintah harus segera memberikan pemenuhan kebutuhan dasar terdahap warga dan memastikan mereka ditangani dengan baik.

“Bantuan logistik dari Dinsos Jawa Barat sudah dikirim ke Dinsos Kabupaten Karawang dan Subang. Untuk mengatasi kekurangan logistik, kemarin malam (Selasa, 25/2), kami akan mengambil logistik ke Kementerian Sosial,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Jabar Dodo Suhendra, Rabu (26/2/2020).

Baca Juga:  Asyik.. Pekan Kerajinan Jawa Barat 2019 Kembali Digelar

Dinas Sosial, menurut dia, juga telah mendirikan posko dapur umum di Rengasdengklok, Karawang. Dinas Sosial Jabar terus berkoordinasi dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) kabupaten/kota terdampak banjir untuk memantau perkembangan penanganan dampak banjir dan evakuasi korban banjir.

Baca Juga:  Ingatkan Lagi Soal Bansos, Mensos: Jangan Dibelikan Selain Kebutuhan Pokok

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar juga sudah menurunkan personel ke daerah terdampak banjir.

“Di Kota Bekasi, kami melakukan pendampingan dengan membawa perahu karet. Logistik berupa makanan siap saji, lauk pauk, sembako, tambahan gizi, matras, dan selimut, sudah kami kirim,” kata Kepala Pelaksana BPBD Jabar Supriyatno.

Baca Juga:  Drone Dikerahkan Dalam Upaya Pencarian Eril, Dubes RI untuk Swiss Ungkap Kondisi Sungai Aaree

Supriyatno mengatakan, BPBD Jabar juga memberikan pendampingan dan mengirimkan bantuan ke tempat-tempat pengungsian di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.

“Fokus penanganan adalah evakuasi pengungsi ke tempat aman, serta kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnya,” tandasnya (Ara)