3 Cara Praktis Bayar Tagihan Listrik

JABARNEWS | BANDUNG – Zaman sudah semakin canggih. Dulu, pembayaran listrik hanya bisa dilakukan di kantor PLN. Masyarakat harus rela menunggu dan antre. Kadang bisa sampai berjam-jam.

Namun, seiring perkembangan zaman dan teknologi, pembayaran tagihan listrik bisa dilakukan di mana pun. Di minimarket, ATM, Kantor Pos, bahkan via aplikasi dan mobile banking. Hanya bermodalkan ponsel, dan beberapa ketukan di layar, Anda bisa melunasi tagihan listrik. Mudah dan praktis.

Mau tahu cara bayar PLN online? Ayo cermati satu persatu:

Cara membayar tagihan listrik via sms

Dalam hal ini pembayaran bisa dilakukan lewat SMS. Dalam hal ini Anda sudah harus menggunakan layanan SMS banking dari bank yang bekerja sama dengan PLN, seperti Bank Mandiri, BNI, atau BRI. Sebagai contoh, berikut langkah-langkah membayar tagihan listrik PLN lewat SMS Banking Bank Mandiri:

1. Pilih Message pada Menu Ponsel

2. Pilih Tulis SMS

3. Ketik BYR PLN <12 digit ID pelanggan> contoh : BYR PLN 1 547300351523, dan ketik nomor tujuan SMS ke 3355

Baca Juga:  Resmikan PLTS Terapung Cirata Terbesar di Asia Tenggara, Presiden Jokowi Bilang Begini

4. Konfirmasi transaksi

5. Ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirim kembali ke 3355, contoh: PIN 654321 dan PIN yang diminta adalah PIN ke 6 dan ke 2, maka ketik: 15

6. Konfirmasi transaksi berhasil

Untuk membayar listrik via bank lain, Anda bisa mengecek situs bank yang bersangkutan.

Cara bayar tagihan listrik via internet banking

Anda juga bisa membayar tagihan listrik via internet banking. Syaratnya mudah, Anda harus mengaktifkan layanannya terlebih dahulu. Dalam hal ini, persyaratan masing-masing bank bisa saja berbeda. Langkah dalam menu pembayaran pun berbeda antara satu bank dengan bank lainnya. Untuk bank BRI, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

1. Masuk ke situs BRI Internet Banking.

2. Klik menu Pembayaran Tagihan Listrik

3. Klik menu Pembayaran & Pembelian

4. Klik menu Pembayaran Tagihan di samping kiri5. Klik menu Listrik

6. Masukkan nomor ID Pelanggan rekening PLN

7. Pilih dari daftar jika anda sudah pernah menyimpan IDPEL ke dalam daftar atau Pilih tujuan pembayaran dan isi IDPEL jika Anda ingin memasukkan IDPEL secara manual.

8. Jika Anda ingin menyimpan nomor IDPEL ke daftar maka centang tanda “klik di sini untuk menyimpan IDPEL ke daftar Anda.” Isi di kotak “simpan dengan sebutan/nama,” misalnya rekening PLN rumah atau kantor.

9. Tekan kirim

10. Konfirmasi Pembayaran Tagihan Listrik

11. Masukkan password BRI internet banking Anda

12. Masukkan kode m-Token

13. Klik kirim

Jika Anda belum memiliki m-Token yang aktif, maka klik link permintaan m-Token, tunggu sebentar sampai ada SMS dari BRI yang mengirimkan m-Token, pastikan Anda memiliki pulsa minimal Rp1.000, karena permintaan m-Token biasanya dikenai biaya sebesar Rp500. Satu SMS m-Token berisi lima kode yang dapat digunakan.

14. Transaksi Pembayaran Tagihan Listrik Berhasil (jika pembayaran telah berhasil dibayar, maka akan ditampilkan halaman struk pembayaran tagihan listrik).

15. Logout.

Baca Juga:  Musnahkan Ribuan Obat Ilegal, Kejari Tasikmalaya Beberkan Hal Ini

Bayar tagihan listrik via e-commerce

Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa bayar PLN online via situs e-commerce. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah Traveloka.

Baca Juga:  Warungnya Dibongkar, Ibu Ini Malah Menangis Bahagia

Meski dikenal sebagai perusahaan pemesanan tiket dan akomodasi, ternyata perusahaan ini juga punya layanan pembayaran yang baik. Melalui menu Tagihan & Isi Ulang, Anda bisa melunasi berbagai macam tagihan, mulai dari PLN, PDAM, kartu kredit, isi ulang pulsa, dan lain-lain. (Red/Adv)

Jabar News | Berita Jawa Barat