30 Persen Sekolah Di Subang Harus Direhab

JABARNEWS | SUBANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang, H. Suwarna, mengungkapkan, dari jumlah 876 sekolah di Subang, 30 persen bangunannya perlu dilakukan rehab (perbaikan) karena kondisinya yang sudah tidak memadai akibat usia bangunan yang sudah tua.

“Walaupun masih dapat digunakan untuk aktivitas belajar mengajar, namun perlu direhab supaya aktivitas belajar mengajar tidak terganggu,” kata Kepala Disdik Subang, Suwarna, usai mengikuti Apel Puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Alun-alun Subang, Rabu (2/5/2018)

Baca Juga:  Jatah Dikurangi, Puluhan Penderita Eks Kusta di Serdang Bedagai Turun ke Jalan

Suwarna mencontohkan, ada sekolah yang bangunannya berumur 30 tahun tahun lebih belum mendapat perbaikan.

Selain itu, ada sekolah dengan ukuran yang tidak sesuai standar seperti SMP 4 Subang,

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Minggu 10 April 2022

“Ukurannya juga tidak standar bukan 7 meter tapi 5 meter,” katanya.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi saat ini karena ketersediaan anggaran yang diakibatkan pengusulannya yang ambat.” Persoalannya pengusulan yang berjalan lambat,” ungkapnya.

Kata Suwarna, untuk tahun 2018 telah diajukan untuk perbaikan SD dari APBD antara 40 – 50 sekolah kemudian di APBN sudah mengajukan 70 sekolah.

Baca Juga:  Alarm Bahaya Lonjakan Covid-19, Dinkes Kota Cirebon Kembali Aktifkan Layanan Isolasi di Rumah Sakit

Dia berharap, untuk kemajuan dunia pendidikan di Subang harus tetap optimis. Walaupun di beberapa sekolah belum tersentuh rehab dan ketersediaan meja-kursi masih kurang.

“Kami tetap akan upayakan perbaikan untuk kemajuan pendidikan kita,” pungkasnya. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat