Anies Baswedan Dorong Pemekaran DOB di Jawa Barat Jika Jadi Presiden: Harusnya 43 Kabupaten/Kota!

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat Haru Suandharu. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Calon Presiden (Capres) No Urut 1 Anies Baswedan mendorong pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jawa Barat. Hal itu tertuang dalam visi misi pencapresan nya.

“Di Jawa Barat ini ada beberapa kabupaten yang secara ukuran itu sangat luas. Sementara kapasitas birokrasinya tidak setara. Sehingga rakyat yang tinggal jauh dari ibu kota kabupaten, tidak bisa mendapatkan pelayanan yang sama. Semata-mata karena beban yang ditanggung kabupaten itu sangat besar,” kata Anies di Kabupaten Garut, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga:  Anies Baswedan Serukan Seluruh Masjid di Jakarta Gelar Salat Gaib Untuk Eril

Anies menjelaskan bahwa aspirasi tersebut diserap dengan teknokratis atau berdasarkan dari adanya kawasan yang tidak tertangani dengan baik.

“Jadi aspirasi tentang daerah otonom itu, kami tidak melihat sebagai aspirasi politis, tapi aspirasi yang teknokratis. Untuk bisa melayani lebih baik, harus ada administrasi yang lebih kecil untuk pelayanan lebih baik,” jelasnya.

Baca Juga:  Polri Peduli Penghijauan di Kecamatan Cibatu Purwakarta

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat Haru Suandharu menegaskan DOB dapat terwujud, dengan pergantian Kepala Negara yang baru.

Baca Juga:  Didukung Forum Sunda Ngahiji Maju di Pemilu 2024, Ridwan Kamil: Tidak Ada Masalah