Awal Tahun 2020, Banjir Kepung Kota Bekasi

JABANEWS | BEKASI – Sejumlah wilayah di Kota Bekasi dikepung banjir pada awal tahun 2020, Rabu (01/01/2020) pagi. Banjir membuat jalan-jalan tidak bisa dilalui kendaraan beroda dua mau pun empat.

Hujan lebat yang turun sejak Selasa (31/12) sore membuat banjir terjadi di Underpass Bekasi Timur. Luapan air sungai membuat jalan di terowongan itu tidak bisa dilalui kendaraan sejak dini hari.

“Hujannya tidak berhenti sejak sore kemarin, jalanan tadi malam hanya tergenang dan subuh sudah tidak dapat dilalui,” kata Abdul (37), yang tinggal di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.

Baca Juga:  Alhamdulilah, Bocah Kecanduan Nyium Bensin di Purwakarta Selesai Rehabilitasi, Begini Kondisinya Sekarang

Ia menambahkan, karena tidak bisa dilewati sama sekali, terpaksa harus putar arah melintasi jalur lain atau alternatif Bulak Kapal.

Tak jauh dari Underpass Bekasi Timur, banjir masuk ke rumah-rumah warga di Perumahan Duren Jaya.

“Banjirnya sepinggang orang dewasa, ini air naik sejak pukul 03.00 WIB,” kata Kartono (40), warga RT 11/10 Perumahan Duren Jaya.

Wilayah Kecamatan Rawalumbu dan Mustikajaya juga kebanjiran. Air menggenangi rumah-rumah warga di kedua wilayah tersebut.

Baca Juga:  Tangkap Sejumlah Tokoh Islam, DPR RI: Densus 88 Sepertinya Hanya Menyasar Mubalig Muslim

“Lagi tidur tiba-tiba air masuk. Saya kaget dan langsung coba mengevakuasi barang-barang yang bersangkutan dengan listrik. Kalau kasur saya kan kebetulan di lantai, itu sudah basah semua,” kata Evan (33), warga Perumahan Mayang Anggi di Kecamatan Mustikajaya.

Di wilayah Kecamatan Rawalumbu, banjir menggenangi rumah-rumah warga sejak pukul 02.00 WIB.

“Rawalumbu duluan banjir karena jalanan di sini hujan sebentar saja sudah banjir. Dan ini hujan sampai saat ini belum reda juga. Kami meminta pertolongan pihak BPBD untuk mengevakuasi warga juga,” kata Muhammad Alfi (26), warga Rawalumbu.

Baca Juga:  Perkembangan Kasus Penginjak Alquran di Sukabumi, Polisi Akan Panggil 4 Saksi Ahli

Banjir juga menggenangi Kampung Lebak di Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara. Di kampung itu, genangan akibat banjir yang pada Selasa (31/12) pukul 23.00 WIB hanya setinggi telapak kaki pada Rabu pagi naik menjadi setinggi dada orang dewasa.

“Di sini sangat membutuhkan perahu karet karena banjir sudah sampai dada orang dewasa. Banjir ini karena luapan dari Kali Bekasi,” kata Dewi (17), warga Kampung Lebak. (Red)