Awas, Jangan Main-main! Siulan dan Main Mata Bisa Masuk pada Tindakan Pelecehan

pelecehan seksual
Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Detik.com).

JABARNEWS | BANDUNG – Tindak kekerasan dan pelcehan seksual memang bisa menimpa siapa saja. Hal tersebut dikarenakan tindak pelecehan bisa disebabkan berbagai faktor.

Sering kali, para pelaku merasa jika tindakannya hanya sebatas candaan biasa. Kekerasan dan pelecehan seksual merujuk kepada tindakan bernuansa seksual yang disampaikan melalui kontak fisik atau non-fisik, menyasar kepada bagian tubuh seksual atau seksualitas seseorang.

Baca Juga:  Begal Sadis Tewaskan Seorang Pemuda di Tasikmalaya, Aksinya Bikin Merinding!

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung Uum Sumiati mengatakan tindakan pelecehan antara lain, siulan, main mata, komentar ataupun ucapan yang bernuansa seksual, mempertunjukkan materi-materi pornografi serta keinginan seksual.

Baca Juga:  Basmi Pungli hingga Akarnya, Bhabinkamtibmas di Cianjur Diberdayakan

Termasuk juga colekan atau sentuhan pada bagian tubuh, gerakan atau isyarat yang bersifat seksual. Sehingga kemudian mengakibatkan rasa tidak nyaman, tersinggung.

Baca Juga:  Suharso Monoarfa Restui Uu Ruzhanul Ulum Maju Jadi Cagub, Ini Target PPP di Pilgub Jabar 2024

Tindakan pelecehan juga dapat berupa merasa direndahkan martabatnya, dan mungkin hingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan keselamatan.