Bahaya! Ini Penyebab Motor Jika Mengeluarkan Asap Putih Dari Knalpot

JABARNEWS | BANDUNG – Memanaskan kendaraan merupakan salah satu langkah perawatan yang perlu dilakukan secara rutin, bahkan sebelum kendaraan melenggang di jalanan. Hal tersebut bisa juga dilakukan untuk memeriksa keadaan kendaraan apakah keluar asap putih atau tidak.

Namun dalam beberapa kasus, kendaraan akan mengeluarkan kepulan asap putih ketika kalian mencoba mengatur gas hingga maksimal. Bagi orang awam tentunya hal tersebut sangat membingungkan.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab motor mengeluarkan asap putih dari knalpot yakni:

Baca Juga:  Eko Nilai Purwakarta Sudah Pantas Miliki Perguruan Tinggi Negeri

Pertama. Masalah Pada Ring Piston – Keluarnya asap putih pada motor dapat terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya karena adanya masalah pada ring piston kendaraaan yang membuat oli secara tidak sengaja masuk ke ruang bakar. Hal ini terjadi akibat ring piston mulai melemah hingga mengakibatkan performanya mengalami penurunan.

Melemahnya piston dapat terjadi karena kumpulan kerak yang berasal dari sisa pembakaran kurang sempurna atau berasal dari penumpukan kotoran yang membuat piston kaku ketika digerakkan, sehingga tidak heran jika motor keluar asap putih saat rpm tinggi.

Baca Juga:  Mayat Perempuan Ditemukan di Dasar Sungai Cintaduy, Begini Kondisinya

Kedua. Minyak Masuk Ke Ruang Bakar – Penyebab Keluarnya asap putih pada motor yang kedua yakni Minyak Masuk Ke Ruang Bakar, hal tersebut tentunya berbahaya karena dapat merusak komponen mesin lainnya. Dalam kondisi tersebut, silahkan periksa kembali apakah oil seal klep sudah diganti usai turun mesin.

Apabila oil seal klep sudah diganti, cobalah periksa batang katupnya aus atau terdapat baret. Sebab batang klep yang aus, membuat oli yang berasal dari kepala silindernya masuk dan menuju ruang bakar.

Baca Juga:  Duh, Tukang Cilok Tiba-tiba Ngaku Nabi Utusan Allah, Lihat deh Jadinya

Ketiga. Valve Guide (Bos Klep) dan Seal – Penyebab keluarnya asap putih pada motor yang ketiga yakni rusaknya komponen Valve Guide (Bos Klep) dan Seal. Komponen tersebut jika mengalami kerusakan atau keausan.

Hal tersebut juga akan menyebabkan oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar bersamaan dengan bahan bakar. Sehingga, akan terlihat asap putih keluar dari knalpot. (Red)