Bangun Bandara Sukabumi, Pembebasan Lahan Dimulai

JABARNEWS | KABUPATEN SUKABUMI – Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, ditunjuk sebagai lokasi berdirinya Bandara Sukabumi. Penetapan lokasi tersebut sudah melalui diskusi antara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Transportasi Udara Dishub Provinsi Jawa Barat, Nining Yuliastiani mengatakan pembangunan Bandara sudah masuk tahap proses pembebasan lahan. Proses pembebasan lahan ini masih dalam proses revisi. Direncanakan, pembebasan lahan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga:  Revitalisasi Pasar Tradisional Kota Bandung, Optimistis Kembali Bergulir

’’Untuk anggaran pembangunan bandara akan dilakukan pemerintah pusat melalui sharing anggaran. Sementara untuk proses pembebasan lahan, akan dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemkab Sukabumi melalui BPN dan kantor pertanahan,” jelas Nining seperti dikutip Jabar.Pojoksatu.Id.

Meski proyek bandara ini belum terdata dalam RTRW, kata Nining, pembangunan akan dipastikan lancar jika didukung kebijakan Gubernur terpilih nanti.

Baca Juga:  Selama Tiga Bulan, Polres Sumedang Amankan 10 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

’’Apabila melihat kondisi seperti ini, berarti harus menunggu pelantikan Pak Gubernur yang rencananya September 2018. Agar, surat rekomendasi terkait revisi RTRW yang mencantumkan di Cikembar akan ada pelaksanaan pembangunan bandara, bisa segera diterbitkan,’’ jelasnya.

Baca Juga:  Berikut Lokasi SIM Keliling kota Bandung Hari Ini

Saat ini, pemprov sedang melakukan deteksi detail untuk menguji kelayakan soal lokasi. Hingga kini, estimasi untuk anggaran pembangunan dan pembebasan lahan pun masih dalam tahap penghitungan.

’’Tentu saja, sebelum dilakukan pembebasan lahan kita harus melakukan perencanaan terlebih dahulu. Diantaranya, melakukan studi, biaya, dan aturan mainnya,” katanya. (Anh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat