Banjir Terus di Kota Bandung, Dedi Mulyadi: Evaluasi Tata Ruang!

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi angkat bicara terkait permasalahan banjir di Kota Bandung yang terus terjadi di hampir setiap tahun.

Menurut Dedi Mulyadi, Kota Bandung merupakan wilayah cekungan yang dikelilingi oleh pegunungan. Oleh karena itu, daerah resapan air di Kawasan Bandung Utara (KBU) juga harus jadi perhatian.

“Saya sudah dari dulu sarankan perbaiki tata kelola di Bandung Utara harus dievaluasi berbagai pembangunan. Properti di wilayah-wilayah tersebut, yang memiliki implikasi airnya turun ke bawah,” kata Dedi Mulyadi kepada wartawan, Jumat (25/12/2020).

Baca Juga:  PKS Yakin Indonesia Bisa Terhindar dari Krisis Pangan Dunia, Asalkan...

Selain itu, dia pun mencermati soal ruang terbuka hijau di Kota Bandung yang berkurang, karena tergerus oleh pembangunan. Dedi Mulyadi meminta agar tata ruang di Kota Bandung dilakukan evaluasi.

“Kedua, dievaluasi tata ruang Kota Bandung dengan tumbuhnya sektor ekonomi perdagangan dan jasa di Kota Bandung yang sudah menghabiskan seluruh ruang terbuka hijau untuk sawah dan ruang terbuka lainnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Sudah Waktunya Pemimpin Memikul Masyarakat

“Karena sudah betonisasi di berbagai tempat, sehingga air mengalami kesulitan untuk dia kembali ke dalam tanah,” sambung Dedi Mulyadi.

Dia menjelaskan, ruang terbuka hijau yang berkurang di Kota Bandung mengakibatkan resapan air jadi tidak maksimal. Akhirnya, air pun tak maksimal mengalir di sungai-sungai di Kota Bandung.

Baca Juga:  Dipolisikan Dugaan Aniaya Anak Dibawah Umur, Kabarnya Oknum Kades di Serdang Bedagai Mendadak Minta Damai

“Ketika kembali ke sungai Cikapundung dan Citarum, berproblem juga pada aliran sampah di Citarum dan Cikapundung. Ketika terlalu penuh dengan sampah, airnya tidak bisa mengalir dengan baik, malah balik lagi,” ucapnya.

Dedi Mulyadi berharap, Pemerintah Kota Bandung bisa memanfaatkan setiap ruang ruang kecil untuk dijadikan sebagai solusi mengatasi banjir.

Penulis: Yoyo W