Begini Cara Mengatasi CVT Motor Matic Berbunyi Gredek

JABARNEWS | BANDUNG – Dari begitu banyaknya pendukung rasa nyaman berkendara, mungkin ada dari kalian yang akan merasa terhibur dengan adanya head unit atau radio/tape mobil. Dari perangkat ini semua komando sistem audio di dalam mobil akan dapat di kontrol dengan mudah oleh pengemudi atau penumpang di bagian depan.

Tidak tanggung-tanggung, terus berkembangnya teknologi yang ada pun turut membuat perkembangan head unit mobil semakin menarik untuk dibahas. Dimana dari begitu banyaknya teknologi head unit yang ada saat ini, mungkin head unit android merupakan salah satu yang cukup populer dan banyak di cari serta di pilih.

Baca Juga:  Ganjil Genap di Kota Bandung: Belasan Ribu Kendaran Diperkisa, 4.518 Diputar Balik

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa mengatasi gredek pada motor matic yakni:

Pertama. Bersihkan Kampas Ganda dari Kotoran – Solusi paling gampang yang dapat flikermania gunakan untuk bisa menghilangkan getar serta bunyi gredek pada bagian CVT yakni dengan membersihkan kampas ganda dari kotoran menumpuk. Dimana kotoran-kotoran ini biasanya datang dari partikel debu di sekitar motor atau lainnya.

Ketika bagian kampas ganda sudah kotor, hal ini akan dapat mempengaruhi kinerja kampas serta mangkok ganda. Dan hal tersebut pun membuat cengkraman atau grip kampas kurang menggigit. Sehingga di saat akan gigi akan naik atau turun akan terasa getaran dan suara gledek pun timbul.

Baca Juga:  Kecamatan Bangun Purba Deli Serdang Raih Predikat Terbaik Tingkat Provinsi

Kedua. Ganti Roller CVT – Seperti kita semua ketahui, pada motor matic terdapat komponen yang cukup penting di dalam bagian CVT, komponen tersebut adalah Roller. Yang dimana fungsi Roller Motor Matic sendiri sebagai pelancar pergerakan variator, mengatur besar kecilnya diameter puller serta mengatur akselerasi.

Nah, jika kondisi roller sudah mulai aus atau rusak, otomatis suara gredek atau rasa getar pada saat motor berjalan sudah pasti akan dirasakan. Oleh karena itu bagi kalian para pemilik motor matic yang mengalami masalah ini memang dikarenakan bagian Roller sudah mulai aus.

Baca Juga:  Sebelum Membeli Ban, Pastikan Kalian Memperhatikan Ini

Ketiga. Ganti Seal Pulley Belakang – Ternyata adanya kebocoran pada bagian gemuk pulley di bagian belakang pun akan membuat suara gredek dan juga getaran pada motor matic pada saat di rpm rendah akan benar-benar terasa.

Hal tersebut karena lama kelamaan gemuk tersebut akan masuk ke bagian mangkok kampas ganda. Jika tetap dibiarkan, otomatis akan menyebabkan kampas selip karena licin, nah hal tersebut otomatis akan membuat CVT getar dan mengeluarkan suara gredek. (Red)