Bela Purwakarta Rekomendasikan Pendirian Jalan Dalem Sholawat dan Museum Syekh Baing Yusuf

Bela Purwakarta
Koordinator Bela Purwakarta Aa Komara. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bela Purwakarta merekomendasikan pembuatan Jalan Dalem Sholawat dan pendirian Museum Syekh Baing Yusuf.

Koordinator Bela Purwakarta Aa Komara mengatakan bahwa dalam setiap perayaan Hari Jadi Purwakarta, nama Dalem Sholawat atau lengkapnya R.A.A. Suriawinata selalu disebut.

Baca Juga:  Antisipasi Kerusuhan Pemilu 2024, Polres Purwakarta Gelar Simulasi Sispam Kota

Pasalnya, Suriawinata yang dulu sebagai Bupati Karawang memindahkan ibukota dari Wanayasa ke Sindangkasih yang kemudian atas prakarsanya berganti nama menjadi Purwakarta.

“Beliau sebagai The Founding Father pendirian kota Purwakarta ini bersama sama Syekh Baing Yusuf, yang notabene masih kerabatnya, dengan segala dedikasinya merintis keberadaan Purwakarta yang kita tinggali sekarang,” kata Aa Komara dalam silaturahmi dan diskusi di kediaman Sejarawan Purwakarta Naurid Muhammad Rifa’i Ilyasa, seperti dalam keterangan yang diterima, Senin (26/12/2022).

Baca Juga:  Walhi dan AMAN Tolak Undangan Istana, Ini Sebabnya

Dia menjelaskan bahwa Dalem Sholawat maupun Syekh Baing Yusuf merupakan dua Figur Sentral yang saling menguatkan di masa awal pendirian Purwakarta. Artinya, lanjut Aa Komara, sudah sepatutnya pula Dalem Sholawat dijadikan menjadi sebuah nama jalan di Purwakarta.

Baca Juga:  Ini Rekomendasi Tempat Munggahan yang Asyik di Purwakarta