Bencana Ancam Kota Banjar, Tim Reaksi Cepat Segera Bergerak

JABARNEWS | BANJAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar dan Polres Banjar membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menanggulangi bencana. TRC itu nantinya akan siap siaga dan langsung bergerak bila terjadi bencana.

Potensi bencana di Kota Banjar yakni pergerakan tanah dan longsor terdapat di wilayah Pataruman, Binangun. Lalu, banjir luapan Sungai Citanduy di Kecamatan Purwaharja dan puting beliung di wilayah Kecamatan Langensari.

Baca Juga:  Sertijab Kalapas II B Cianjur yang Baru, Ini Harapannya

Sementara di kaki Gunung Sangkur Rawan pergerakan tanah.

“Berdasarkan data dari BPBD Kota Banjar, ada 14 titik rawan bencana. Untuk itu kita harus siap siaga. Sebagian besar retakan tanah di Banjar dan luapan Sungai Citanduy,” ujar Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, dikutip detik.com, Sabtu (17/11/2018).

Baca Juga:  Modus Baru Kasus Pencurian Motor di Purwakarta: Pancing Korban dengan Gadis Belia

Ade menyebutkan, anggaran kebencanaan Tahun 2019 Kota Banjar sebesar Rp 500 juta. Namun bisa bertambah bila kondisi darurat.

Kapolres Banjar, AKBP Matrius, mengatakan, setelah melakukan simulasi penanggulangan bencana Banjir, diharapkan seluruh personel siap siaga.

Baca Juga:  Ada Longsoran, Dapur Sebuah Rumah Permanen di Cianjur Ambruk

“Bisa bertindak cepat ketika terjadi bencana. Terutama dalam meningkatkan sinergitas bersama instansi lain dalam menangani bencana, baik sedang terjadi maupun pascabencana,” ujarnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat