Bentuk Penghormatan terhadap Ulama, jalan di Purwakarta dinamai Syeikh Baing Yusuf

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, bersama Para Tokoh Nahdatul Ulama di Kabupaten Purwakarta saat resmikan Jalan Syeikh Baing Yusuf. (Foto: Dok Pemkab Purwakarta)

“Mulai hari ini nama Syekh Baing Yusuf kita abadikan sebagai nama salah satu jalan di Purwakarta. Ini sebagai bentuk penghormatan Pemkab Purwakarta dan masyarakat kepada Syeikh Baing Yusuf yang semasa hidupnya berdakwah menyebarkan agama Islam di Kabupaten Purwakarta,” Ucap wanita yang akrab disapa Ambu Anne, Jumat 23 Desember 2022.

Menurut Ambu Anne, nama Jalan Syeikh Baing Yusuf ini atas usulan dari jamaah Nahdlatul Ulama. Penyematan nama Jalan Syeikh Baing Yusuf karena memiliki makna sebagai tokoh Purwakarta sekaligus tokoh agama yang sangat berjasa.

“Jalan Syeikh Baing Yusuf ini menghubungkan dua kecamatan, yaitu Kecamatan Purwakarta dengan Kecamatan Babakancikao,” Jelasnya.

Ambu Anne menambahkan, pemberian nama jalan tersebut juga dalam rangka memenuhi kebutuhan kepastian nama beberapa ruas jalan yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Lanjut Ambu Anne, berdasarkan paparan dari Kepala DPUTR Kabupaten Purwakarta, Ryan Octavia, jalan ini memiliki panjang seluas kurang lebih 1 kilometer dengan lebar 7 meter.