Berikan 1.000 Nomor Induk Berusaha, Uu Ruzhanul Ulum: Perkuat Ekonomi Melalui UMKM

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat membuka acara Gebyar Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 1.000 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Perseorangan di SPORT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (22/11/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Untuk itu, Uu Ruzhanyul Ulum berharap semangat membangun UMKM ini dapat direplikasi oleh para bupati dan wali kota di seluruh Jabar. Dia mengatakan, mayoritas pelaku UMKM kurang memahami dunia perbankan dan teknis-teknis menjalankan bisnisnya, sehingga meenjadi tugas pemerintah dalam mengedukasi pelaku UMKM.

Pemda Provinsi Jabar sendiri menargetkan pembagian NIB gratis kepada satu juta UMKM di seluruh Jabar hingga tahun 2023 mendatang. Hingga 15 November 2022, tercatat sebanyak 511.484 NIB gratis yang sudah dibagikan kepada UMKM. Jumlah itu terbanyak di Indonesia.

Baca Juga:  Ditanya Soal Pilpres 2024, Jawaban Ridwan Kamil Bikin Geleng-geleng Kepala

“Jelas kegiatan ini adalah gratis, karena memang UMKM sekarang sedang didorong oleh pemerintah, supaya ekonomi Jabar meningkat dan merata,” tuturnya.

Baca Juga:  Dinkes Cianjur Catat Ada 224 Kasus DBD Hingga Oktober, Warga Diminta Waspada!

“Sampai 2023, kita target 1 juta, sesuai dengan jabatan kami yang tinggal satu tahun kurang, mudah-mudahan bisa tercapai. Makanya, saya meminta bantuan kepada para bupati dan wali kota untuk mendorong lahirnya UMKM, termasuk NIB bagi UMKM yang sudah ada,” tambahnya.

Baca Juga:  Dukung Sadar Inflasi, Dadan Tri Bantu Kelompok Wanita Tani Tasikmalaya

Adapun NIB bagi UMKM dapat berlaku sebagai identitas usaha, bukti pendaftaran kegiatan usaha, Angka Pengenal Impor (API), hak akses kepabeanan, pendaftaran kepesertaan jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan, serta untuk wajib lapor ketenagakerjaan periode pertama pelaku usaha. (Red)