BPBD Garut Catat 10 Rumah di Banjarwangi Terancam Ambruk Karena Longsor

JABARNEWS | GARUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, mencatat ada 10 rumah warga yang terancam bencana tanah longsor atau pergerakan tanah di Kecamatan Banjarwangi.

“Sepuluh rumah panggung terancam ambruk dan jalan desa sepanjang 25 meter juga mengalami ambles sekitar 30 sampai 50 sentimeter,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan di Garut, Selasa (9/2/2021).

Baca Juga:  Adu Kuat Restu Jokowi untuk Partai Beringin

Ia menuturkan, hujan deras yang berlangsung lama mengguyur wilayah selatan Garut, salah satunya di Kecamatan Banjarwangi menyebabkan terjadinya pergerakan tanah hingga sampai longsor.

Pergerakan tanah di Kampung Cibeureum, Desa Dangiang, Kecamatan Banjarwangi itu, kata Tubagus, tidak menimbulkan korban jiwa, seluruh warga yang rumahnya terancam bahaya bencana sudah diungsikan ke rumah saudaranya.

Baca Juga:  Anggota DPRD Purwakarta Minta Pemerintah Segera Bangun Kembali Jembatan Ambruk di Maniis

“Tidak ada yang mengungsi soalnya diamankan di rumah sanak saudara,” katanya

Ia menyampaikan, tim BPBD Garut bersama petugas dari berbagai instansi lain sudah terjun ke lapangan untuk menanggulangi daerah yang terdampak bencana longsor.

Kecamatan Banjarwangi itu, kata dia, tidak hanya dilanda tanah longsor, tapi diterjang banjir bandang yang menyebabkan rumah warga tergenang air campur lumpur, bahkan kendaraan mini bus terseret arus banjir.

Baca Juga:  Jubir Terduga Angkat Bicara Soal Penembakan di Ruko Cigasong

Tubagus mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap ancaman bencana alam yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi saat musim hujan.

“Mengimbau kepada warga sekitar agar berhati-hati dalam menghadapi musim penghujan, penduduk yang terdampak diungsikan ke rumah sanak saudara yang lebih aman,” pungkasnya.

Sumber: okezone