Bupati Garut Minta Warga Kosongkan Pantai Selatan

JABARNEWS | GARUT – Gelombang ombak yang terjadi di Pantai Rancabuaya dan Sayang Heulang tadi pagi, mendapat atensi dari Bupati Garut H Rudy Gunawan. Orang nomor satu di Garut itu meminta agar warga di sekitar pesisir selatan Garut untuk tetap tenang dan waspada.

Sebagai langkah aman, Kata Rudy, warga di sepanjang pesisir Pantai Rancabuaya dan Sayang Heulang diminta untuk mengosongkan lokasi tersebut hingga situasi aman. Menurutnya, saat ini gelombang laut sedang tinggi, yakni bisa mencapai lima meter.

Baca Juga:  Disdik Purwakarta: Persoalan Ijazah Paket C Sudah Jelas, Peserta Didik Bisa Ambil Langsung Ke PKBM

“Saya minta masyarakat tetap waspada. Terjangan gelombang ombak ke Pantai Selatan sedang besar. Masyarakat yang rumahnya di bibir pantai agar dikosongkan dulu,” ungkapnya. Rabu, 25/07/2018.

Baca Juga:  Ini Jadwal Vaksinasi Tahap Kedua di Cianjur, Siapa Yang Akan Disuntik Pertama?

Rudy menginstruksikan dinas terkait agar stanby di lokasi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dan segera melakukan pendataan bangunan yang terkena dampak gelombang ombak tersebut.

Menurut data Bada Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG), cuaca buruk yang dialami Indonesia khususnya Kabupaten Garut dipengaruhi perubahan iklim global yang mengakibatkan beberapa anomali. Anomali tersebut antara lain semakin meningkatnya kejadian siklus tropis yang tidak lagi menuruti siklus seperti biasanya. (Tgr)

Baca Juga:  Puluhan Remaja di Cirebon Terlibat Tawuran, Pakai Senjata Tajam!

Jabarnews I Berita Jawa Barat