Cara Terhindar Dari Covid-19, Begini Kata Polisi Sergai

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Cara yang paling efektif untuk mencegah menularan dan menyebaran Covid-19 mulai dari diri sendiri dengan displin protokol kesehatan dan menerapkan 3M, yakni, Menggunakan masker, Menjaga jarak dari kerumunan dan Mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

“Displin protokol kesehatan dan selalu menerapkan 3M adalah cara paling efektif mencegah menularan dan penyebaran Covid-19,” kata Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai, AKP Agung Basuni.

Menurutnya, gejala penyakit Covid-19 dapat dilihat dari seorang menderita demam tinggi, batuk terus menerus, sesak napas dan hilangnya indera penciuman. Apabila seorang merasakan seperti itu, orang tersebut berpotensi Covid-19, apabila ada kejala pada diri kita untuk rapid test atau swab PCR.

“Kita harus mengamati orang sekitar kita apakah menderita sakit yang berpotensi Covid-19, apabila ada kejala pada diri kita untuk rapid tes atau swab PCR,” ucapnya.

Baca Juga:  KPK OTT Di Kabupaten Bekasi, 10 Orang Ditangkap

Dikatakannya, sebagai petugas polisi lalulintas dimasa pandemi ini yang selalu menghadapi kerumunan massa, baik saat melakukan operasi atau tugas pengamanan arus lalulintas atau terjadinya kecelakaan. Displin protokol kesehatan dan menerapkan 3M sangat penting.

“Tugas seorang polisi lalulintas selalu berhadapan dengan massa, disinilah disipilin protokol kesehatan jangan terabaikan,” ungkap AKP Agung.

Selain itu, untuk mencegah penularan personil Satlantas dibekali alat pelindung diri (APD) berupa masker, sarung tangan dan sanitaizer. Setelah bertugas dilapangan kenderaan disemprot disinpektan dan mencuci tangan dengan sabun serta mengukur suhu badan. Bagi yang merasa tubuhnya tidak sehat, diwajibkan untuk mengecek kesehatan tubuh.

“Upaya mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19, personil baru siap tugas dilapangan harus disemprot disinpektan dan wajib mengukur suhu badan dan mencuci tangan dengan sabun serta mengecek kesehatan tubuh,” ujarnya.

Baca Juga:  Makna Hari Pahlawan di Mata Anne Ratna Mustika

Dikatakannya, mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 juga harus dilakukan ke masyarakat, khususnya pengendara dengan melakukan sisoalisasi dan himbauan melalui selebaran agar tetap mematuhi protokol kesehatan serta membagikan masker secara gratis kepada pengendara dan masyarakat.

“Pencegahan penularan Covid-19 bukan hanya dilakukan untuk diri sediri tapi kepada para pengendara dan masyarakat melalui sosialisasi dan himbauan serta pembagian masker secara gratis,” papar dia.

Membantu warga kurang mampu dimasa pandemi, kata dia, Satlantas Polres Serdang Bedagai telah mendirikan warung murah serba Rp 2000, pembagian sembako serta masker secara gratis. Dana ini berasal dari infaq para personil Satlantas Polres Serdang Bedagai.

“Dimasa pandemi ini, Satlantas Polres Serdang Bedagai tidak hanya menghimbau pencegahan penularan Covid-19, namun juga menggelar bakti sosial bagi warga kurang mampu,” imbuh AKP Agung Basuni.

Baca Juga:  Komplotan Pencuri Motor Asal Asahan Digulung Polisi, Dua Pelaku Masih di Bawah Umur

Untuk dikantor dan di rumah, upaya penyebaran Covid-19 dengan melakukan pola hidup bersih secara berkala dengan membersihkan permukaan yang bersentuhan langsung dengan tubuh, misalnya telepon seluler, android, romote, sklar, gagang pintu, gagang toiler dan keran air.

“Permukaan bersentuhan langsung dengan fisik juga harus bersih dengan melakukan sanitizer atau alat pembersih lainnya,” imbuhnya.

Masih kata dia, mencegah penyebaran Covid-19 pada keluarga, AKP Agung Basuni dari kantor dan tugas lapangan saat masuk kedalam rumah tetap dengan displin protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dengan keluarga.

“Pulang kerumah, saya tidak bertemu keluarga, tapi terus mandi, ganti pakaian setelah itu baru bertemu istri dan anak. Ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 terhadap keluarga,” imbuh dia.

Penulis: Ahmad Putra