Catat! Berikut Lokasi Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 2023 di Wilayah Bandung

Pelaksanaan shalat idul fitri tahun lalu
Pelaksanaan shalat idul fitri tahun lalu. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Ketentuan tersebut tertuang dalam Maklumat Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah.

Baca Juga:  Bank bjb Hadirkan Keseruan di DIGI Chocolate & Sweet Festival Bandung

Adapun penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H mengacu pada hasil hisab (perhitungan) yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Metode hisab yang digunakan adalah metode hisab hakiki, bukan hisab ‘urfi, dengan kriteria wujudul-hilal. Sehingga penentuan harinya sudah bisa diketahui sejak jauh hari.

Baca Juga:  Pemerintah Terbitkan Aturan Baru Halal Bihalal Lebaran, Dilarang Makan hingga Pembatasan Jumlah Tamu

Bagi Jemaah Muhammadiyah yang ingin melaksanakan shalat Idul Fitri yang jatuh pada Hari Jumat (21/4/2023) bisa mengenali di mana lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri. Terutama yang berada di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Pembantaian Hewan Kembali Terjadi di Tasikmalaya, Kali Ini Ada Kuburan Masal Kucing di Pasar Indihiang

Seperti diketahui, pengurus Muhammadiyah di berbagai tingkatan baik dari ranting, cabang, dan daerah di wilayah di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung telah mempersiapkan agenda menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, termasuk menetapkan tempat penyelenggaraan shalat Idul Fitri.