Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) Bangun 854 Sumur Resapan di Kabupaten Purwakarta

Sekretaris Kabupaten Purwakarta, H. Iyus Permana, menyampaikan, Program Sumur Resapan. (Foto: Gin/Jabarnews)

Dijelaskannya, lahan yang digunakan untuk membangun sumur-sumur resapan merupakan sumbangan dari masyarakat setempat.

Selain itu, Ketua Pelaksana CCFI, Triyono Prijosoesilo, menambahkan, program ini juga telah memfasilitasi Sekolah Lapangan Sumur Resapan dimana terdapat 16 orang pemandu atau fasilitator yang memberikan pelatihan kepada 200 masyarakat sekitar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka terkait pemeliharaan serta perawatan sumur resapan dan konservasi sumber daya air.

Baca Juga:  Cegah Kejahatan Jalan dan Geng Motor, Polres Purwakarta Lakukan Ini

“Kami memiliki rekam jejak yang panjang dalam mendukung kemitraan terhadap inisiatif konservasi air di Indonesia. Melalui program Menabung Air Hujan di Sumur Resapan, masyarakat dapat menabung air selama musim hujan dan memanen hasilnya dalam waktu yang relatif singkat, serta menjamin ketersediaan akses air bagi masyarakat penerima program dan kelestarian lingkungan,” ujar Triyono Prijosoesilo.

Baca Juga:  Dukung Jokowi Sejak 2014, Abdee Slank Diangkat Jadi Komisaris Telkom

Saat ini, kata dia, Program Konservasi Air melalui inisiatif menabung air hujan telah membangun sebanyak 5.052 sumur resapan di berbagai kawasan tangkapan air yang tersebar di berbagai daerah di wilayah Jawa dan Sumatera. (Gin)

Baca Juga:  Jumlah Pengunjung Kebun Binatang Bandung Menurun, Ini Penyebabnya