Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) Bangun 854 Sumur Resapan di Kabupaten Purwakarta

Sekretaris Kabupaten Purwakarta, H. Iyus Permana, menyampaikan, Program Sumur Resapan. (Foto: Gin/Jabarnews)

“Dengan adanya program ini, kami berharap masalah kekeringan dapat berkurang dan teratasi. Progam ini sangat bagus,” singkat Iyus.

Sementara, Direktur Eksekutif Yayasan FIELD, Heru Setyoko, menjelaskan teknologi Sumur Resapan cocok untuk dibangun di delapan desa di sekitar Jatiluhur. Sumur resapan merupakan teknologi yang mudah dan murah, namun cukup efektif dan efisien dalam menanggulangi krisis air.

Baca Juga:  Pengedar Narkoba di Simalangun Ditangkap Emak-emak, Begini Ceritanya

“Dengan sumur resapan inilah air dapat tertampung, tertahan dan meresapkan aliran air atau air hujan ke lapisan tanah (akuifer). Berdasarkan penelitian, program Sumur Resapan dapat meningkatkan jumlah debit air tanah sebesar 30% dalam waktu 1-2 tahun,” ucapnya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Karawang Tinggi, Cellica Nurrachadiana Hentikan Kegiatan PTM

Heru menyebut, pembangunan sumur resapan ini tidak hanya akan berdampak pada meningkatnya debit air di wilayah Jatiluhur, akan tetapi juga dapat menyelesaikan permasalahan sosial dan ekonomi pada warga sekitar, mengingat peningkatan debit air yang signifikan dapat berpengaruh pada sumber air untuk pertanian yang merupakan salah satu mata pencaharian terbesar bagi penduduk setempat.

Baca Juga:  KPU Purwakarta Raih Penghargaan Dari Komisi Informasi Jabar

“Program Sumur Resapan tidak terlepas dari dukungan dan keterlibatan aktif dari masyarakat sebagai salah satu faktor pendukung keberlanjutan dari program,” ucapnya.