Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) Bangun 854 Sumur Resapan di Kabupaten Purwakarta

Sekretaris Kabupaten Purwakarta, H. Iyus Permana, menyampaikan, Program Sumur Resapan. (Foto: Gin/Jabarnews)

Diketahui, Wilayah Jatiluhur adalah daerah resapan air hujan, yang saat ini mengalami penurunan debit mata air pada tanah. Hal ini diakibatkan oleh adanya perubahan tata guna lahan di wilayah tersebut.

President of The Coca-Cola Foundation, Saadia Madsbjerg, mengatakan perubahan iklim dan perubahan tata guna lahan dapat mengakibatkan terbatasnya ketersediaan air serta menyebabkan penurunan debit air di daerah yang terdampak.

Baca Juga:  Dinkes Jabar Gunakan Skema ABCDE untuk Atasi HIV/AIDS, Apa Itu?

“The Coca-Cola Foundation sangat bangga dapat mendukung pembangunan sumur resapan bersama Yayasan FIELD di delapan desa yg berada di wilayah resapan air hujan di Jatiluhur. Solusi ini merupakan bagian dalam upaya mempertahankan kelestarian lingkungan serta untuk mendukung akses air bagi masyarakat setempat yang membutuhkan.” ucap Saadia Madsbjerg, dalam keterangan tertulis, pada Selasa, 29 Maret 2022.

Baca Juga:  Kades Pangkalan Purwakarta Mundur dari Jabatannya Usai Didesak Warga, Ternyata Gegara Ini

Ia mengungkapkan, sumur-sumur resapan yang dibangun telah dirasakan manfaatnya dalam pengendalian banjir lokal dan juga memperbaiki ketersediaan air di desa-desa sekitar pembangunan sumur resapan.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Perketat Pengamanan Pendaftaran Bacaleg

Terpisah, Sekretaris Kabupaten Purwakarta, H. Iyus Permana, menyampaikan, Program Sumur Resapan ini sangat penting serta dibutuhkan oleh warga Kecamatan Tegalwaru dan Sukatani, dimana setiap musim kemarau masyarakat di wilayah tersebut selalu rentan mengalami kekeringan.