Datang ke Purwakarta, KH Maruf Amin Genjot Kekuatan Pangan

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin saat melakukan penanaman kedelai secara simbolis. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna menekan angka impor pangan, Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin, menggejot kekuatan pangan di daerah maupun pondok pesantren.

Ia secara massif mengunjungi wilayah yang memiliki lahan potensial yang dapat ditanami.

Di Purwakarta, Wakil Presiden RI Maruf Amin bersama Yayasan Dewa-dewi, didampingi Gubernur Jawa Barat, Wamentan RI, Bupati Purwakarta, Jajaran Forkompinda melaksanakn Penanaman Jagung dan kedelai dalam rangka integrated farming di luas lahan 52 hektar dilahan perhutani BKPH Sadang KPH Purwakarta yang berlokasi di desa Ciiparungsari 30 ha, desa Cisaat 12 ha, Desa Karyamekar 10 ha, yang memanfaatkan 1 Gapoktan, 3 Poktan dan 80 penggarap. Senin 28 Maret 2022 di Desa Cuparungsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Nyambil Jadi Kurir Sabu, Dua Driver Ojol Ini Ditangkap Polisi

“Ini upaya-upaya untuk memperdayakan masyarakat melalui penanaman jagung dan kedelai, kita tahu kita masih kekurangan jagung dan kedelai 90 persen masih impor, dan memanfaatkan lahan yang masih bisa digunakan dan dimanfaatkan yang dikuasai oleh swasta maupun BUMN,” ujar Ma’ruf Amin usai melakukan penanaman jagung di lahan milik perhutani BKPH Sadang KPH, Kabupaten Purwakarta, Senin, (28/3/2022).

Baca Juga:  Pastikan Nataru Kondusif, kapolres Purwakarta Cek Pos Pam

Orang nomor dua di Indonesia ini, menambahkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bercocok tanam, terdapat masyarakat yang mampu menanam namun kesulitan untuk pemasaran, ada yang mampu menanam namun tidak memiliki lahan.

Baca Juga:  Gemasaba Jabar Dukung Gus Muhaimin Maju Pilpres 2024