Di Tasikmalaya, Hanya PSI Yang Tak Daftar Bacaleg

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Sebanyak 529 bacaleg telah tercatat di KPU Kota Tasikmalaya, mereka bakal bertarung merebut kursi anggota dewan dalam pileg 2019 mendatang.

“Alhamdulilah, seluruh parpol peserta sudah daftarkan calegnya.” pungkas Ketua KPU Kota Tasik, Ade Zaenul Muttaqin, kepada wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (18/07/2018) sore.

Baca Juga:  Panwascam Pagaden Subang Siap Kawal Distribusi Logistik Pemilu 2024

Namun demikian, kata Ade, ada satu parpol yang tidak ikut dalam kancah Pileg 2019 nanti.

“Iya cuman satu yang tidak ikut yakni PSI,” jelasnya.

Lanjutnya, dari jumlah total bacaleg 529 orang, terdiri dari bacaleg laki-laki sebanyak 330 orang dan bacaleg perempuan sebanyak 199 orang. Artinya, persentase keterwakilan perempuan dalam pendaftaran bacaleg di Kota Tasik mencapai 37,6%.

Baca Juga:  Korem 063/SGJ Laksanakan Kegiatan Gerakan Tanam Padi Serentak

Selain itu, kata Ade, Para bacaleg baru mendaftarkan dirinya di detik-detik akhir sebelum penutupan.

“Seperti dua partai, yakni NasDem dan Golkar mendaftarkan bacaleg mereka pada Senin (16/7/2018). Sementara partai-partai sisanya, kecuali PSI, mendaftarkan para bacaleg keesokan harinya.” tandasnya.

Baca Juga:  Minta Langsung ke Pengadilan, Habib Bahar Tolak Diperiksa Penyidik

“Pada proses ini, semua parpol yang mendaftar berkasnya diterima dan dinyatakan sah. Tahapan selanjutnya, kami akan melakukan verifikasi. Setelah itu, di tanggal 19 sampai 21 Juli, kami akan menyerahkan hasil dari pemeriksaan berkas-berkas bakal caleg tersebut ke masing-masing parpol,” ucapnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jabar