Distan Bekasi Wajibkan Hewan Kurban dari Luar Daerah Divaksin

Ilustrasi hewan kurban. (Foto: Istimewa).

“Jadi kalau belum terjamin kesehatannya belum boleh masuk ke Kabupaten Bekasi, bahkan kita syaratkan agar ada uji laboratorium dari daerah asal. Kalau dari hasil uji ada penyakit menular ya tentu tidak boleh masuk ke sini,” jelasnya.

Baca Juga:  Belum Resmi Cerai dengan Sule, Nathalie Holcsher Pamer Boy

Pihaknya memastikan hewan kurban asal Kabupaten Bekasi dalam kondisi sehat mengingat vaksinasi dan pengecekan terhadap hewan ternak lokal dilakukan secara rutin serta berkelanjutan.

“Kalau hewan kurban dari luar daerah saat diantar ke sini melintasi beberapa wilayah atau kota. Di daerah yang dilintasi kita belum tahu apakah ada penularan penyakit atau tidak,” tuturnya.

Baca Juga:  Jadi Korban Keganasan KKB, Jenazah Praka Mar Dwi Miftachul Achyar Dipulangkan ke Lamongan

Dia mengatakan saat ini jumlah hewan ternak yang terdeteksi menderita PMK di Kabupaten Bekasi terus berkurang menyusul pemberian vaksinasi keliling secara masif, sedangkan untuk penyakit LSD relatif mudah dideteksi, layaknya penyakit cacar pada manusia.

Baca Juga:  Peredaran Uang Palsu di Bekasi Terungkap, Bisa Dipesan Lewat Online

Pemerintah daerah menerjunkan tim medis berjumlah 30 orang terdiri atas petugas medis dan paramedis kesehatan hewan menjelang momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini.