Duh! 40 Ton Sampah Dibersihkan dari Sungai Ciparay Garut

Sampah
Sampah di sungai aliran irigasi Ciparay, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut. (Foto: Diskominfo Garut).

JABARNEWS | GARUT – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut membersihkan tumpukan sampah sekitar 40 ton yang dibuang sembarangan ke sungai aliran irigasi Ciparay di Kecamatan Karangpawitan.

Kepala DLH Kabupaten Garut Jujun Juansyah mengatakan bahwa selama ini sampah tersebut mengganggu kenyamanan masyarakat setempat.

Baca Juga:  Habib Rizieq Menolak Publikasikan Hasil Swab, Polda Jabar Sebut UU Kesehatan

“DLH menurunkan lima ‘dump truck’ dengan personel dua orang, dan alat beratnya dari PUPR satu buah plus dua ‘dump truck’,” kata Jujun di Garut, Jumat (19/4/2024).

Dia menjelaskan, sampah yang menumpuk di aliran sungai tersebut merupakan bukti masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya masih membuang sampah sembarangan ke sungai.

Baca Juga:  Datang Pagi-pagi Buta, Sampai Disdukcapil Kecewa

Adanya tumpukan sampah di aliran irigasi itu, kata dia, membuat jajarannya bersama dengan Dinas PUPR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, dan unsur forum komunikasi kecamatan melakukan pengangkutan agar tempat tersebut bersih dari sampah.

Baca Juga:  Tim SAR Masih Cari Nelayan Korban Perahu Terbalik di Pantai Sayang Heulang Garut

Jujun menyampaikan, berbagai jenis sampah di aliran sungai itu cukup banyak kurang lebih yang berhasil diangkut ke tempat pembuangan akhir sebanyak 40 ton. Setelah pembersihan itu, masyarakat diminta sadar untuk tidak memulai kembali membuang sampah ke sungai.