Duh! Puskesmas di Cianjur Masih Kekurangan Nakes, Hanya Segini

Dinkes Cianjur
Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur. (Foto: Ist/Net).

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur melaporkan bahwa pihaknya masih kekurangan tenaga kesehatan untuk sembilan jenis pelayanan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

Kepala Dinkes Cianjur Irvan Nur Fauzi mengatakan bahwa untuk menutupi kekurangan itu, pihaknya dialokasikan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga:  Soal Pembangunan Irigasi, BBWS Jabar Tegaskan Pekerjaan Tak Sesuai Spek akan Dibatalkan

Dia merinci, dari 47 Puskesmas yang tersebar di 32 kecamatan di Cianjur, masih ada puskesmas yang belum terpenuhi sembilan jenis tenaga kesehatan, seperti dokter umum, dokter gigi, bidan dan perawat.

Baca Juga:  Ibadah Umroh Kembali di Buka, Begini Penjelasan Kemenag Kabupaten Purwakarta

“Idealnya satu Puskesmas harus memiliki sembilan jenis tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga farmasi, analis kesehatan, nutrisionis, promosi kesehatan, dan sanitarian,” kata Irvan di Cianjur, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga:  Peringati Hari Ibu, Kapolres Purwakarta Sampaikan Hal Ini

Sedangkan dari 47 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Cianjur, baru 70 persen yang sudah memenuhi sembilan jenis tenaga kesehatan, sedangkan yang masih kekurangan beberapa Puskesmas di wilayah, yakni ketersediaan dokter umum, dokter gigi dan sanitarian.