Fakta Candi Cibuaya Karawang, Sempat Disangka Bekas Benteng Belanda

Candi Cibuaya Karawang
Candi Cibuaya terletak di Desa Pejaten Kecamatan Cibuaya Karawang. (foto: dok Perpustakaan Nasional)

JABARNEWS │ KARAWANG – Kabupaten Karawang dengan luar wilayah sekitar 1.753 km² memiliki banyak cagar budaya. Salah satunya adalah Candi Cibuaya.

Secara geografis, candi ini terletak di wilayah Dusun Pajaten desa Cibuaya, Kecamatan Cibuaya kabupaten Karawang. Tepatnya berada di area pesawahan dan berjarak kira-kira 6 km dari bibir pantai.

Baca Juga:  Dua Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir

Dilansir data Perpustakaan Nasional, awalnya dua reruntuhan bangunan ini dianggap bekas peninggalan benteng Belanda. Namun seiring perkembangan jaman, pendapat ini berubah. Hal ini seiring dengan ditemukan arca Wisnu di lokasi tersebut.

Baca Juga:  Gara-gara Ini, Tukang Bakso di Karawang Terancam Belasan Tahun Penjara

Seperti diketahui, pada tahun 1957 ditemukan Arca Wisnu kedua di lokasi tersebut. Demi keamanan, kini dua arca dengan nama Arca Wisnu I dan Arca Wisnu II ini disimpan di Museum Nasional di Jakarta.

Terdapat dua bangunan di area candi tersebut, yakni Lemah Duhur Lanang, dan Lemah Duhur Wadon. Candi Lemah Duwur Lanang kini kondisinya hanya berupa bangunan kaki candi berbentuk persegi empat dan berukuran 9 X 9,6 meter. Terdapat anak tangga di sisi sebelah barat laut yang kondisinya sudah rusak.

Baca Juga:  Sempat Diduga Bunuh Diri, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ternyata Orang Dekat