Fenomena Kritikan Lewat Mural di Bandung, Oded M Danial: Tak Masalah Asal Beretika

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa waktu terakhir ini, fenomena mural bernada kritikan ke pemerintah mulai marak ditemukan di Kota Bandung, Jawa Barat. Tokoh menyerupai petinggi negara pun muncul menjadi objek di mural tersebut.

Sebelumnya, di Kota Bandung sendiri pernah ditemukan mural yang menyerupai Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lalu, terbaru ada kritikan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri.

Baca Juga:  Jalan Penghubung Antar Kabupaten Rusak Parah, Warga Serdang Bedagai Minta Perhatian Jokowi

Fenomena maraknya mural bernada kritikan pun mendapatkan reaksi dari Walikota Bandung, Oded M Danial. Ia mengungkapkan tak mempermasalahkan fenomena ini.

Menurut Oded, untuk para pengkritik itu harus melakukan dengan cara-cara yang beretika ketika mencurahkan isi hati lewat tulisan atau gambar.

Baca Juga:  Truk Bermuatan Mie Instan Terjun ke Sungai di Cianjur

“Saya kira selama kritiknya masih membangun tak masalah asal beretika. Kritik yang baik tak akan berujung pada kebaikan, jika disampaikan dengan cara yang tak baik,” kata Oded M Danial di Pendopo, Rabu (1/9/2021).

Dia meminta agar setiap kritik yang baik bisa disampaikan dengan cara yang baik pula agar tujuannya tercapai.

Baca Juga:  Kades di Karawang Ini Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

“Kepada siapa pun yang masih lakukan aksi vandalisme dengan corat-coret fasilitas publik, lebih baik buat mural di kewilayahan seperti RW. Saya lihat di setiap RW sudah bagus setiap gang mural-muralnya,” ujarnya. (Yan)