Ganjar Pranowo Ajak Para Bupati Gerebek Bareng Tambang Ilegal, Ridwan Kamil Berani Tidak?

Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil
Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil menjadi sorotan soal tambang ilegal di wilayahnya masing-masing. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Keberadaan tambang ilegal kembali menyedot perhatian publik. Bahkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak para kepala daerah (bupati) di wilayahnya untuk melakukan penggerebekan secara bersama-sama, jika tak berani menindaknya sendiri.

Diketahui, maraknya keberadaan tambang ilegal di Jawa Tengah mendadak heboh usai  Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menyebut persoalan tambang ilegal dibekingi ‘sosok mengerikan’. Atas respon tersebut, Ganjar Pranowo pun berjanji akan langsung turun ke lapangan untuk menindak.

Baca Juga:  Tidak Hanya Haji, Ridwan Kamil Telah Berkurban Atas Nama Eril di Palestina

Ganjar pun membagikan video melalui akun Twitternya. Dalam video tersebut, ia terlihat tengah memimpin rapat koordinasi dengan bupati se-Jawa Tengah yang digelar di Semarang.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut 50-70 Persen Penghuni Lapas di Jabar Berasal dari Kasus Narkoba

“Saya usul konkret saja, kita kasih nomor handphone untuk melaporkan setelah itu kita gerebek bareng-bareng,” ujar Ganjar seperti dikutip dari video tersebut, Selasa (29/11).

Baca Juga:  Wah! Orang Ini Sebut Ridwan Kamil akan Masuk PAN, Benarkah?

Tak hanya di Jawa Tengah, rupanya keberadaan tambang ilegal pun kerap menjadi persoalan di Jawa Barat. Bahkan pada awal tahun 2022, anggota DPR RI Dedi Mulyadi sempat mendapati salah satu kegiatan penambangan di wilayah Karawang yang menggunakan bahan peledak.