Hati-hati Warga Cianjur! Banyak Modus Penipuan Lowongan Kerja ke Luar Negeri

Ilustrasi pencari kerja di Indramayu. (foto: istimewa)

Sebagian besar berangkat secara ilegal atau non prosedural melalui sponsor nakal atau tertipu lowongan kerja ke luar negeri yang ditayangkan oknum sponsor di media sosial atau situs tidak resmi dengan iming-iming gaji besar.

“Ketika pekerja migran mengalami masalah pihak sponsor yang memberangkatkan menghilang dan lepas tanggungjawab, sehingga kami kesulitan untuk memberikan bantuan, sehingga kami ingatkan lebih jeli dan waspada ketika ingin bekerja keluar negeri,” katanya mengutip dari Pelitakarawang.com.

Baca Juga:  Sergai Sudah Berusia 17 Tahun, Persoalan Tapal Batas Belum Selesai

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Raya (Astakira) Pembaharuan, Ali Hildan, mengatakan hingga saat ini masih banyak sponsor nakal yang memberangkatkan pekerja migran terutama dari Cianjur ke negara terlarang dengan berbagai janji manis termasuk menjaring korban melalui situs tidak resmi di media sosial.

Baca Juga:  Sang Mantan Shaheer Sheikh Sudah Menikah, Ini Respons Ayu Ting Ting

“Setelah diberangkatkan dan mendapat masalah di negara penempatan, pihak sponsor menghilang. Karena mereka masih banyak mencari mangsa di berbagai wilayah termasuk di Cianjur, kami minta dinas dan institusi hukum segera melakukan tindakan karena sudah banyak korban,” katanya,seperti dilansir Antara.

Baca Juga:  Info Lowongan Kerja Lulusan Diploma III di Karawang, Cek Disini Syaratnya

Selama satu pekan terakhir, kata dia, pihaknya sudah banyak mendapat laporan pekerja migran bermasalah asal Cianjur yang minta dipulangkan karena tertipu sponsor nakal yang berjanji menempatkan mereka di negara yang tidak masuk dalam moratorium atau negara terlarang. (Red)