Jadi Penentu Nasib Jutaan Rakyat, Pascasarjana Unpas Bahas Pemilu 2024: Prospeknya Apa?

Peneliti senior dari Pusat Penelitian Politik LIPI atau BRIN Firman Noor (paling kiri), Ketua Divisi Teknis dari KPU RI, Idham Holik (kiri kedua) dan Ketua PB Paguyuban Pasundan Prof Didi Turmudzi (tengah) serta Ketua Pusat Kajian Hukum, Politik dan Keamana Unpas Dr. Tugiman (kanan kedua) dan Guru besar Ilmu Politik UPI Bandung yakni, Prof Cecep Darmawan (paling kanan). (Foto: Istimewa).

“Kemarin muncul wacana Pemilu 2024 ditunda dan lain-lain. Memang dalam perspektif demokrasi liberal, hal tersebut tidak masalah,” ujar Idham.

Disamping itu, dalam paparannya Idham Holik pun sangat berharap Pemilihan Umum 2024 nanti bisa berjalan dengan baik, karena Pemilihan Umum dinilai memperkuat presidensialisme, dan dengandemokrasi rakyat Indonesia menyatu.

Baca Juga:  Waspada Penipuan Mengatasnakan PLN di Bandung, Begini Modusnya

“Kita sebagai rakyat yang berdaulat kuncinya kembali kepada konstitusi dan UUD 1945,” ungkapnya.

Di akhir paparannya, Idham Holik sangat berharap masyarakat Indonesia turut menyukseskan Pemilu 2024 nanti. Tidak ada demokrasi yang baik tanpa keterlibatan masyarakat sipil.

Baca Juga:  Abah Ama, Puluhan Tahun Setia Jadi Perajin Sapu Ijuk

“Maka dari itu, saya mengajak kepada masyarakat untuk mensukseskan Pemilu, karena Pemilu adalah masa depan kita semua,” tandasnya.