Jangan Lewatkan Fenomena Supermoon Malam Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Malam ini, Senin (21/1/2019), masyarakat di seluruh Indonesia bisa menyaksikan fenomena alam berupa supermoon atau bulan purnama besar. Memang, fenomena ini bukan hal yang asing. Supermoon ini menjadi spesial lantaran posisi bulan relatif lebih dengan dengan bumi atau biasa disebut Super Blood Wolf Moon.

Baca Juga:  Blusukan ke Pasar Rakyat Serdang Bedagai, Darma Wijaya Borong Pakaian Untuk Anak-Anak

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau masyarakat pesisir pantai agar waspada dengan tingginya air pasang permukaan laut yang diakibatkan fenomena Supermoon. Sebab, dampak dari Supermoon sendiri berupa pasang naik air laut di sekitar pantai.

“Ini merupakan peristiwa biasa yang rutin setiap bulannya terjadi. Namun yang menjadi spesial adalah jarak bulan dengan bumi lebih dekat sehingga kita bisa melihat bulan lebih jelas dan dekat,” kata Kepala BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya seperti dikutip Galamedianews.com di kantornya Jalan Cemara, Sukajadi, Bandung, Senin (21/1/2019).

Baca Juga:  Polres Tebing Tinggi Tangkap Dua Pengedar Narkoba

Bersamaan dengan fenomena Supermoon, dalam pekan ini BMKG memprediksi daerah laut selatan akan terjadi gelombang tinggi sekitar dua meter yang dikarenakan kecepatan angin yang meningkat.

Baca Juga:  Puluhan Petani Kelompok 80 Demo ke Kantor Bupati Serdang Bedagai Tuntut HGU PT DMK Tidak Diperpanjang

“Dalam fenomena Supermoon kali ini masyarakat bisa melihat fenomen Supermoon dengan mata telanjang yang akan terjadi malam ini,” ucapnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat