Jelang Pilkada, KPU Cianjur Dirikan Rumah Pintar Pemilu

JABARNEWS | CIANJUR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Jawa Barat, memiliki Rumah Pintar Pemilu khusus pelaksanaan Pilkada Cianjur 2020., sebagai sarana pengetahuan dan informasi tentang kepemiluan dari tahun ke tahun untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Rumah pintar pemilu berisi beragam informasi tentang pemilu yang sudah dan akan dilaksanakan seperti Pilkada tahun depan digelar, termasuk di dalamnya terkait data pemilih,” kata Ketua KPU Cianjur, Selly Nurdinah pada wartawan Senin (18/11/2019).

Saat ini ungkap dia, sejumlah tahapan untuk menghadapi Pilkada Cianjur, termasuk melakukan sosialisasi yang sudah dimulai sejak awal bulan melalui website, medsos remi KPU Cianjur, media cetak dan online.

Baca Juga:  Pengunduran Diri Massal Kader Demokrat Jadi Bukti Internal Partai Bermasalah

“Sosialisasi juga kami lakukan di sejumlah kegiatan besar yang digelar organisasi dan instansi pemerintah termasuk dalam kegiatan Pramuka beberapa waktu lalu di Bumi Perkemahan Cibodas,” katanya.

Terkait tahapan setelah melakukan sosialisasi, sesuai dengan tahapan PKPU 15 tahun 2019 masuk pada penyampaian persyaratan dukungan calon perseorangan dimulai bulan Desember, sedangkan pendaftaran calon dari partai bersamaan dengan calon independen 16-18 Juni.

Baca Juga:  Senin Depan, Presiden Jokowi Tandatangani Amnesti untuk Baiq Nuril

“Untuk tahapan saat ini, sudah berjalan termasuk sosialisasi tentang Pilkada Cianjur 2020 dan bulan depan persyaratan calon independen sudah masuk dan diterima KPU Cianjur, selanjutnya akan dilakukan verifikasi kelengkapan persyaratan,” katanya.

Sementara sosialisasi terkait Pilkada Cianjur 2020, dinilai belum menyentuh hingga ke pelosok. Pasalnya hingga saat ini, sebagian besar warga di wilayah perkotaan hingga selatan Cianjur, belum tahu kapan akan digelar pemilihan. Namun sebagian kecil baru mengetahui akan ada pemilih kepala daerah karena melihat maraknya baliho bakal calon yang terpasang diberbagai tempat di sebagian besar wilayah Cianjur.

Baca Juga:  Kota Bandung Prioritaskan Vaksin Penguat Lansia, Jika Dosis Sudah Tersedia

Selly menilai, keberadaan Rumah Pintar Pemilu itu sangat penting, mengingat para peserta yang mengikutinya adalah pemilih pemula atau kalangan milenial. Sehingga, kata dia, mereka harus mengetahui maksud dan tujuan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun itu. (Red)