Karburator Motor Sering Banjir? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Karburator pada sebuah kendaraan merupakan komponen yang begitu penting keberadaannya. Pasalnya dengan karburator, mesin kendaraan akan bisa hidup dengan sempurna. Mengingat salah satu fungsi karburator sendiri adalah mengabutkan bensin kedalam ruang bakar.

Dari gambaran diatas, tentu saja bisa dipastikan apabila kondisi dan kinerja karburator tidak baik. Otomatis mesin kendaraan pun tidak akan bisa menyala. Adapun salah satu hal yang mungkin membuat banyak orang kelimpungan ketika mesin kendaraan tidak menyala adalah karena karburator banjir.

Baca Juga:  Heboh! Tuyul Gasak Uang Bansos BPNT Warga Nagrak Cianjur

Kondisi karburator banjir tentu akan menyebabkan jumlah bensin yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi berlebihan. Jika sudah seperti itu tentu saja mesin tidak akan mudah dinyalakan. Bahkan dari beberapa kasus yang ada, bahan bakar tersebut bisa menggenang pada bagian intake manifold.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab Karburator Motor Banjir yakni:

Pertama. Karburator Rusak – Salah satu penyebab karburator banjir yang paling sering terjadi adalah kondisi karburator yang memang sudah tak bisa lagi digunakan atau rusak.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Tegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Kerusakan pada karburator tentu banyak sekali penyebabnya, salah satunya mungkin karena korosi dan juga kotoran yang sudah mengerak. Solusinya tentu saja mengganti karburator tersebut dengan yang baru.

Kedua. Pelampung Bocor – Jika dirasa karburator tidak rusak, mungkin penyebabnya adalah pelampung karburator yang bocor. Yang dimana jika pelampung bocor, maka jarum pelampung tidak akan mampu menutup saluran bahan bakar. Dengan sendirinya tentu bahan bakar akan terus mengalir dan membuat karburator tersebut bisa banjir.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Selasa 9 Agustus 2022

Ketiga. Jarum Pelampung Kotor – Kemudian penyebab karburator banjir yang sering terjadi juga bisa di dikarenakan kotoran pada jarum pelampung sudah begitu banyak, sehingga membuat jarum tidak bekerja secara maksimal.

Untuk mengatasi hal ini, silahkan kalian periksa jarum pelampung, jika memang banyak sekali kotoran silahkan di bersihkan atau kalian ganti dengan jarum karburator yang baru. (Red)