Kebakaran Hutan Gunung Jayanti Sukabumi Dipastikan Sudah Padam

Kebakaran Hutan
Kondisi kebakaran di luar kawasan hutan di sekitar Perumahan Tamansari, api sudah padam, Sabtu (23/9/2023), pukul 13.30.(Foto: Dinas Kehutanan Jabar).

JABARNEWS | SUKABUMI – Kebakaran Hutan Gunung Jayanti di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (22/9/2023), pukul 16.00 hingga Sabtu (23/9/2023), pukul 13.30, api sudah padam, yakni di sekitar Perumahan Tamansari.

Lokasi kebakaran hutan dan lahan kebakaran tersebut terjadi di dua lokasi, yakni di sekitar Perumahan Tamansari dan di belakang komplek BMKG Palabuhanratu. Kedua lokasi kejadian berada dalam kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani KPH Sukabumi Petak 10 dan 11 RPH Jayanti BKPH Palabuhanratu.

Baca Juga:  Hore! Sepekan Terakhir, Kasus Covid-19 di Kota Sukabumi Nihil

Berdasarkan informasi dari Pusdalops BPBD Provinsi Jabar hingga Sabtu (23/9/2023) dini hari, pukul 03.00 upaya pemadaman sudah berhasil dilakukan. Penanganan dilakukan oleh tim gabungan Damkar Sukabumi, P2B, dan BPBD Sukabumi. BPBD Jabar juga berkoordinasi dengan BNPB untuk upaya water bombing .

Baca Juga:  Asik, Tahun Depan Kota Bandung Akan Punya KRL, Ini Rencana Rutenya

Perkiraan total luas kebakaran hutan adalah 4 hektare. Perkiraan luas yang terbakar di dalam kawasan hutan sekitar 2 ha , yakni di Petak 10 sekitar 1 ha dan Petak 11 sekitar 1 ha . Lokasi kebakaran berada dari bagian puncak bukit sampai tengah bukit dengan topografi berat atau terjal.

Baca Juga:  BKKBN Sebut Kasus Stunting Jabar Turun, Segini Angkanya

Kondisi terakhir di sekitar Perumahan Tamansari (Petak 11) sudah padam total. Sementara itu untuk di belakang kantor BMKG (Petak 10) masih terdapat dua titik asap kecil.