Kelihaian Tangan Ujang Yakub Sang Seniman Wayang Karakter Asal Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jari-jari Ujang Yaqub, begitu terampil dan lihai dalam membuat wayang tokoh atau wayang karakter.

Terlihat pria berusia 46 tahun yang merupakan warga Desa Sukamaju, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta sangat cermat dalam membuat wajah Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Selain itu, di belakang pak Ujang ini tampak berjejer wayang karakter para Presiden RI, mulai Ir Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid (Gusdur), Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Joko Widodo. Satu lagi ada wayang karakter mantan bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Baca Juga:  1 Dari 3 Nelayan Yang Tenggelam di Pantai Jayanti Cianjur Meninggal Dunia

Menurut Ujang, butuh waktu selama dua minggu baginya untuk membuat satu buah wayang karakter ini dari proses penggambaran hingga penyelesaian.

Ia menjelaskan dirinya awal mula menggeluti kerajinan wayang ini pada 1987 atau tepatnya selepas tamat sekolah dasar dengan langsung bekerja di Jakarta.

“Awalnya saya bekerja di sebuah galeri wayang di Jakarta sebagai tukang bersih-bersihnya. Namun, akhirnya saya memiliki tekad untuk belajar membuat wayang karakter. Kalau geluti wayang foto (karakter) dimulai 1994 setelah tiga bulan menikah sampai saat ini,” ungkap Ujang, pada Senin (1/2/2021).

Baca Juga:  Warga Bekasi Harus Terapkan Protokol Kesehatan, Covid-19 Masih Mengintai

Diakuinya, di masa pandemi corona ini usahanya tersendat lantaran minim pesanan.

Sebelum corona ini, kata Ujang, dirinya hampir dapat pesanan puluhan bahkan bisa sampai satu album mengantre sampai tiga bulan ke depan untuk pembuatan wayang karakter dengan terlebih dahulu memberikan uang muka.

“Wayang karakter buatan saya sudah ada yang membeli dari Bali dan luar negeri, seperti Kanada dan Jepang,” beber Ujang.

Baca Juga:  Gelandangan Ini Miliki Uang Rp 45 Juta dan Emas 100 Gram

Adapun jenis kayu yang biasa dipakai untuk pembuatan wayang karakter ini adalah kayu lame atau di daerah Jakarta dan Jakarta dikenal dengan kayu pule, serta biasa menggunakan kayu abbasiyah.

Untuk satu wayang karakter, Ujang mematok tarif Rp 3 juta ukuran tinggi 80 sentimeter dan lebar 20 sentimeter. Semetara untuk wayang golek seharga Rp 300 ribu sampai Rp 700 ribu. (Gin)