Kemacetan Depan Toko Roti Ganda Siantar Jadi Masalah Yang Tak Pernah Usai

JABARNEWS | PEMANTANGSIANTAR -Kemacetan lalu lintas di Jalan Sutomo Kecamatan Simalungun, Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar tepatnya di depan Toko Roti Ganda Kota Pematangsiantar tak kunjung usai.

Alih-alih Kemacetan tersebut pun diduga ulah dari para pengendara yang parkir atau mengetem secara bebas dikawasan itu hingga berdampak pada kemacetan.

Terlihat para pengendara memarkirkan kendaraannya secara berlapis dan ngete sembarangan tanpa memikirkan dampaknya terhadap pengendara lainnya.

Pada umumnya, para pelanggan tersebut pun datang dari luar kota Pematangsiantar yang hendak singgah berbelanja roti Ganda di Jalan Sutomo, Kota Pematangsiantar yang nantinya dijadikan oleh-oleh.

Baca Juga:  UMK 2023 di Jabar Naik Rata-rata 7,09 Persen, Ternyata Begini Cara Penetapannya

Menanggapi hal Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP Muhammad Hasan mengatakan, dari pihak kepolisian yang mengatur lalu lintas di Kota Pematangsiantar tetap melalukan penyiagaan personel di Jalan Sutomo tepatnya di depan Toko Roti Ganda, kata dia.

“Pengendara yang parkir berlapis itu, tidak dapat dilakukan tilang, lantaran lokasi itu merupakan salah satu pusat perekomian di Kota Pematangsiantar,” ujar AKP Hasan Senin (30/11/2020).

Ia menambahkan adapun yang bisa dilakukan penilangan yakni Jalur sebelah kanan, kata dia, itu baru bisa ditindak berupa penilangan dan itu juga sudah ada rambu-rambunya.

“Cuman kalau sebelah kiri itu merupakan memang tempat parkir, tidak bisa melakukan penindakan di sebelah kiri, tambahnya lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Masyarakat Jangan Terlalu Khawatir Soal Omicron, Kenapa?

Ia melanjutkan, terkait penindakan di sebelah kanan Jalan Sutomo Kasat Lantas mengatakan, itu ada rambu-rambu lalu lintas yang harus dipatuhi.

“Terkait lahan parkir yang berada di sebelah kiri itu telah diatur Perda. Dan ini tidak terbentur Perda. Memang harus ada kelola ulang untuk membuat lancar arus lalu lintas di Jalan Sutomo dan Merdeka,” ujarnya.

AKP Muhammad Hasan menyampaikan, agar permasalahan kemacetan di Jalan Sutomo dapat terselesaikan harus di tata ulang khususnya depan Toko Roti Ganda.

Baca Juga:  Herman Suherman Minta Warga Laporkan Perubahan Kondisi Rumah yang Rusak Akibat Gempa Ciajur

Dengan hal itu juga, Hasan menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Pematangsiantar harus turut andil mencari jalan keluar agar Jalan Sutomo Kota Pematangsiantar tersebut tidak lagi macet seperti saat ini

“Tidak bisa permasalahan itu dicari dari pucuknya. Ohh ini macet, ditaruh Polisi. Seribu pun ditaruh Polisi dan saat libur ya tetap macet juga,” ucapnya.

“Ini sudah bukan masalah baru. Masalah kemacetan ini sudah berlarut-larut. Masalah utama itu orang yang berbelanja di ganda. Orang luar kota datang belanja berhenti. Ini harus dicarikan solusi oleh Pemerintah Kota,” pungkasnya. (Red)