Kodim 0619 Purwakarta Gelar Binter Pemantapan Saka Wira Kartika

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk membentuk pemimpin yang berkarakter, Kodim 0619 Purwakarta lakukan pembinaan Pramuka, dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu, pemantapan Saka Wira Kartika di lapangan PJB Cirata kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (23/11/2019).

Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho melalui Perwira Seksi Teretorial (Pasiter), Kapten Arm Amarudin, kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pembinaan Teritorial Terpadu yang bertujuan untuk membentuk pemimpin masa depan Kabupaten Purwakarta yang berkualitas, memiliki rasa disiplin yang tinggi, dan bertanggung jawab.

“Pramuka merupakan wadah untuk membuat pribadi generasi muda yang memiliki karakter cerdas, berakhlak mulia, beriman dan bertakwa, berjiwa patriot, memiliki jiwa kepemimpinan yang tangguh, cinta terhadap sesama dan lingkungan sekitar, serta bisa mentaati Hukum yang berlaku,” kata Amarudin.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung 21 Mei 2022

Bersama 150 pelajar dari 7 sekolah yang ada di Purwakarta, lanjut dia, Binter Terpadu Kodim 0619 Purwakarta pemantapan Saka Wira Kartika mengambil tema “Memberdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter Terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh”.

Pasiter Kodim 0619 Purwakarta, menjelaskan gerakan Pramuka lahir sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, menumbuhkan semangat patriotik dan jiwa bela negara berdasarkan nila-nilai universal yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka sehingga menjadi salah satu pilar penting dalam sistem Pendidikan Nasional.

Baca Juga:  Duh! Selama Libur Nataru 2024, Sampah di Pangandaran Capai 400 Ton

Dalam kesempatan tersebut, tambah dia, Serda Eddy Widodo anggota Koramil 1903 Darangdan memberikan pengetahuan Wawasan Kebangsaan, kedisiplinan dan kepemimpinan serta pelatihan baris berbaris juga tata cara upacara umum.

“Dengan demikian diharapkan setelah Binter pemantapan Saka Wira Kartika ini para siswa-siswi dapat menerapkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, bermasyarakat maupun di sekolah,” ucapnya.

Baca Juga:  Pasien Positif Covid-19 Asal Sergai Dimakamkan Secara Protokol Covid-19

Lebih lanjut dikatakannya, wawasan kebangsaan harus diberikan sejak dini kepada siswa-siswi, supaya memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, sehingga mampu menghadapi tantangan apapun yang ingin merongrong Pancasila.

“Sebagai generasi penerus bangsa yang tangguh harus memiliki semangat dalam menimba ilmu, agar kedepannya bisa turut membangun daerahnya untuk lebih baik,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, terlihat juga anggota dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) kabupaten Purwakarta tengah memberikan pelatihan. (Gin)