Kondisi Lemah, Burung Sikep Madu Terbang Dari Serbia Terdampar Di Kuningan

Petugas dari Balai Besar KSDA Jawa Barat dari Resor BKSDA Wilayah Cirebon, saat mengevakuasi burung yang terdampar di rumah warga. (Foto : Abdul Rohman/Jabarnews)

JABARNEWS I CIREBON – Burung Sikep Madu Asia merupakan salah satu raptor migran yang berasal dari Siberia, dimana pada musim dingin cuaca sangat ekstrim akan bermigrasi ke wilayah selatan untuk mencari tempat baru sebagai sumber pakan dan Indonesia tercatat sebagai salah satu Negara terakhir yang menjadi persinggahan raptor ini, dimana dalam bermigrasi burung ini terbang berkelompok dalam jumlah kecil.

Baca Juga:  Sekjen DPP Golkar: Dedi Mulyadi Kader Terbaik Yang Berpeluang Besar Diusung Partai

Warga Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan dikagetkan dengan adanya suara sesuatu yang jatuh di atas genteng kandang ayam rumahnya.

“Pagi-pagi saya dengar di belakang rumah (kandang ayam) seperti ada yang jatuh setelah saya lihat ternyata seekor burung besar, saya usir tapi gak bisa terbang seperti lemas, “kata Robi salah seorang warga sekitar. Selasa (15/03/2022)

Baca Juga:  Beberapa Daerah di Jabar yang Wajib Gunakan Aplikasi MyPertamina

Karena merasa bukan burung biasa warga tersebut berusaha mencari informasi melalui media sosial, setelah ditemukan kecocokan ciri ciri fisik burung tersebut dan diketahui merupakan burung dilindungi maka ia segera melaporkan penemuannya ke pihak Kehutanan.

Baca Juga:  Yod Mintaraga Berharap OPD di Jabar Tidak Tambah Tenaga Honorer

“Setelah tahu ini burung dilindungi saya DM ke IG Gunung Ciremai TNGC tapi tidak ada respon, saya DM ke UNIKU baru direspon dan diberi nomor handphone petugas BKSDA Cirebon,” katanya.