Kurangi Sampah Makanan, EdenFarm Gandeng FoodCycle Indonesia dan Campaign

Kegiatan pengurangan sampah. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Startup layanan pangan yang berfokus pada B2B, EdenFarm, berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia (FCI) dan Campaign untuk mengurangi sampahmakanan. Sampah makanan memiliki dampak buruk terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. Secara global, sampah makanan menimbulkan 4,4 giga ton emisi karbon dan berbagai risiko lainnya, seperti kelangkaan air, erosi tanah, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Berangkat dari permasalahan ini, EdenFarm dan FCI mengajak masyarakat berkontribusi melalui cara-cara inovatif, salah satunya dengan kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange. Sebanyak 214 pendukung kampanye telah berpartisipasi dengan mengambil foto piring bekas makan yang bersih tanpa sisa, sebagai ajakan mencegah sampah makanan. Kampanye ini telah berhasil meng-unlock donasi senilai Rp10.000.000 dari EdenFarm untuk mendukung keperluan logistik FCI dalam menyalurkan makanan kepada mereka yang membutuhkan di kawasan Jabodetabek, sebagai upaya mencegah stunting, dan berkontribusi dalam ketahanan pangan.

Baca Juga:  Masih Banyak Warga yang Belum Terdaftar BPJS, Ini Syarat dapat Bantuan BPJS dari Pemkot Bandung

Selain kampanye tersebut, EdenFarm juga mengadakan webinar “Kuliah Kuliner: Sulap Sisa Makanan Jadi Cuan” pada Kamis (11/5). Webinar ini dihadiri 82 peserta yang terdiri dari pelaku usaha kuliner dan umum agar dapat mengelola sisa makanan yang ramah lingkungan bersama para ahli berpengalaman. Head of Eden Processed Food, Samuel Honesta, memperkenalkan EdenFarm sebagai startup industri pangan dan kuliner yang berpartisipasi secara aktif dalam mencegah sampah makanan.

Baca Juga:  Duh! Diguyur Hujan Deras, Bangunan Rutilahu di Cianjur Ambruk

“Saat ini, EdenFarm telah mencapai hampir zero waste dalam proses operasional perusahaan. Para mitra EdenFarm, yaitu pelaku bisnis kuliner juga turut berpartisipasi dalam usaha pencegahan food waste bersama EdenFarm dimana dalam aplikasi belanja EdenFarm, tersedia fitur pembelian produk pangan dengan kuantitas kecil yang dapat digunakan oleh para mitra untuk meminimalisir food waste tersebut,” ujar Samuel.

Baca Juga:  Strategi Digital Marketing Untuk Perusahaan B2B yang Efektif