Lantik 370 PNS untuk Jabatan Fungsional, Ridwan Kamil: Rotasi dan Mutasi Adalah Dinamis

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat pelantikan PNS untuk Jabatan Fungsional di Gedung Sate, Jumat (31/12/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Menurut Ridwan Kamil, promosi, rotasi dan mutasi merupakan sesuatu hal yang biasa dan sering terjadi. Karena ini merupakan salah satu proses untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mempercepat pelaksanaan program strategis dari pimpinan lewat program reformasi birokrasi.

Selain itu, proses ini juga sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi tantangan perkembangan zaman berupa disrupsi 4.0, di mana disrupsi ini menuntut pemerintah untuk memberikan pelayanan yang cepat dan mempermudah masyarakat.

Baca Juga:  SIM Keliling Karawang Sabtu 6 Mei 2023, Cek Syarat dan Lokasinya

“Promosi, rotasi dan mutasi adalah yang dinamis sesuatu yang rutin dan menjadi kebutuhan untuk dinamisasi di organisasi. Oleh karena itu, ini ditunjukkan meningkatkan kualitas pelayanan, penyegaran organisasi, dan percepatan pelaksanaan program strategis dari pimpinan juga untuk mengantisipasi tantangan dan disrupsi 4.0,” jelasnya.

Baca Juga:  Keren! Siswi SMAN 7 Kota Bandung Terpilih Jadi Paskibraka Nasional

“Pemda Provinsi Jawa Barat memandang penyederhanaan struktur orgnisasi sebagai satu peluang untuk mewujudkan organisasi pemerintahan yang dinamis yang lincah, mewujudkan aparatur yang profesional dengan melakukan penyetaraan jabatan, adminsitrasi menjadi jabatan fungsional yang berbasis pada keahlian dan keterampilan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Target Vaksin Booster di Kota Bandung Nyaris Sempurna

Ridwan Kamil menambahkan, reformasi birokrasi juga menjadi salah satu cara untuk Indonesia menjadi negara maju. Menurutnya, hampir semua negara maju di dunia sudah memiliki kinerja pemerintahan yang cepat efek dari penyederhanaan birokrasi.