Lewat Program TJSL, PLN Dorong Pengembangan UMKM dan Pariwisata di Jabar

UMKM
PLN Dorong Pengembangan UMKM dan Pariwisata di Jabar lewat Program TJSL. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai penggerak roda perekonomian melalui Program TJSL.

Salah satu wilayah yang menjadi sasaran bantuan program TJSL ini adalah Kecamatan Jatigede, Sumedang yang merupakan lokasi pembangunan dari PLTA Jatigede 2×55 MW.

Bantuan TJSL untuk peningkatan dan pengembangan usaha diberikan kepada UMKM Brinka Sejahtera yang bergerak di bidang produksi olahan pisang, singkong, ketela serta berbagai produk makanan ringan lainnya. UMKM binaan PLN Peduli UIP Jawa Bagian Tengah ini kini bergerak untuk semakin mandiri.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Usulan Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung ke Masyarakat

Mendukung eksistensi dari produk-produknya, selain berjualan di lokasi wisata Tegal Jarong, UMKM Bringka Sejahtera juga berupaya untuk memperluas pemasaran dengan mengikuti berbagai acara pameran ataupun festival kuliner. Pengelolaan pemasaran melalui media digital juga menjadi langkah yang tepat untuk meningkatkan potensi penjualan produk-produknya.

Tidak hanya melalui media sosial yang dikelola secara mandiri, UMKM Brinka Sejahtera saat ini juga telah melaksanakan perjanjian kerja sama dalam pengelolaan akses pemasaran online melalui e-commerce dan website desa, serta aplikasi pemasaran hasil karya lokal desa, sebagai upaya pemerintah desa setempat dalam meningkatkan pemberdayaan pelaku UMKM dan pengembangan pemasaran di bidang online.

Baca Juga:  Demokrat Jabar Bantu Ratusan Warga yang Terdampak Kekeringan di Kota Bandung

UMKM Bringka Sejahtera juga telah memanfaatkan teknologi dalam hal administrasi, transaksi keuangan, komunikasi, dan penjualan sehingga perkembangan omset dapat dipantau dengan baik dan inventarisasi stok dapat tercatat dengan rapi.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Ingatkan BUMD Penuhi Target Setoran Laba, Jika Tidak...

“Dari sini, kami bisa melihat mana barang yang kurang diminati dan mana barang yang laris manis sehingga kami bisa menjaga stok barang. Alhamdulillah berkat bantuan dari PLN Peduli, kami bisa memiliki aktivitas produktif dan membantu perekonomian keluarga,” kata salah seorang pengurus sekaligus Ketua Pengelola UMKM Bringka Sejahtera Cucu dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/5/2023).