Litbang Keramik Plered Teliti Bahan Baku Dan Desain Keramik

JABARNEWS | PURWAKARTA – UPTD Litbang Keramik Plered, Kabupaten Purwakarta terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap bahan dan desain dari keramik itu sendiri. Hal itu dilakukan demi menciptakan produksi keramik yang maksimal.

Dengan memadukan dua jenis bahan dasar keramik, UPTD Litbang Keramik Plered, berhasil menciptakan bahan dasar keramik yang memiliki keunggulan dibanding bahan keramik pada umumnya.

Baca Juga:  SMAN Cibatu Belajar Bahaya Narkoba Sama Pak Polisi

“Bahan dasar kerami ini kita beri nama tanah PT (Plered dan Tegalwaru), sebab sample tanah atau bahan dasar keramik ini dari dua kecamatan yang ada di Purwakarta. Pertama dari Kecamatan Plered dan ke dua dari Kecamatan Tegalwaru,” kata Kepala UPTD Litbang Keramik, Plered, Bambang Mega Wahyu, Rabu (26/9/2018).

Baca Juga:  Aktivitas Meningkat, Pendakian Gunung Semeru Ditutup Sementara

Menurutnya, dua bahan dasar tersebut terbukti memiliki masing masing kelebihan, sehingga ketika keduanya disatukan, maka akan menciptakan sebuah bahan baku yang kokoh. “Dan yang pasti akan menciptakan kualitas keramik yang lebih baik dibanding sebelumnya,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sebagai peneliti dan pengembang salah satu ikon kebanggaan Kabupaten Purwakarta. Maka pihaknya akan terus berupaya mengembangkan keberadaan keramik Plered.

Baca Juga:  Sangat Digandrungi Kawula Muda, Irawati Ingin Kembangkan Potensi E-Sport di Kota Bandung dan Cimahi

“Demi meningkatnya kualitas serta kuantitas keramik ini, kami akan terus melakukan penelitian dan pengembangan, baik itu dari sisi desain maupun bahan dasar daripada keramik itu sendiri,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat