LPPM Unisba Serahkan Biomask Respirator ke Tiga Rumah Sakit di Bandung, Ini Kelebihannya

Serah terima Biomask Respirator; Produk Inovasi Hasil Penelitian Unisba di Aula Pascasarjana Unisba, Kota Bandung, Senin (28/3/2022). (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (LPPM-Unisba) akan menyerahkan produk inovasi hasil penelitian berupa Biomask Respirator kepada tiga ruamh sakit di Bandung.

Biomask Respirator tersebut berdasarkan kebutuhan para tenaga kesehatan dalam upaya proteksi diri.

Adapun Biomask Respirator ini akan diserahkan kepada RSUD Al Ihsan sebagai RS Pendidikan Utama FK UNISBA, Rumah Sakit Muhamadiyah Bandung, dan Rumah Sakit Al Islam Bandung, masing-masing lima unit.

Baca Juga:  Perbaikan Ratusan Kilometer Jalan di Jabar Ditargetkan Rampung di Akhir Juli 2023

“Produk inovasi Biomask Respirator Unisba ini adalah produk riset tim peneliti UNISBA yang dihasilkan dari penelitian yang didanai hibah KemendikbudRistek skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT),” kata ketua peneliti Dr. Maya Tejasari, dr.,M.Kes saat serah terima Biomask Respirator; Produk Inovasi Hasil Penelitian Unisba di Aula Pascasarjana Unisba, Kota Bandung, Senin (28/3/2022).

Baca Juga:  Resmi! Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri dan Lima Wamen Baru

Dia menjelaskan, produk inovasi yang dikembangkan ini merupakan perangkat alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan yang menerapkan prinsip biosafety menggunakan tekanan positif, berupa sungkup kepala (fullhead helmet) bertenaga baterai portabel dilengkapi sistem (HEPA) filter yang menyaring udara yang masuk dari lingkungan sekitar, serta blower yang mendorong dan mengarahkan udara bersih yang telah disaring ke wajah atau sekitar hidung pemakainya melalui system tubing.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Minggu 17 Juli 2022