Malam Ini Gempa Tektonik 5,2 Guncang Kota Sabang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dodi/JabarNews)

JABARNEWS I SABANG – Malam ini, gempa tektonik berkekuatan 5,2 guncang Kepulauan Nicobar, Kota Sabang, Provinsi Aceh, Minggu (10/4/2022) pada pukul 20.34 WIB.

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,34 LU dan 94,62 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 169 Km arah Barat Laut Kota Sabang, Aceh pada kedalaman 45 km

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Jamur Kancing Yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin mengatakan, berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kota Sabang, Aceh dengan skala intensitas III MMI dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti truk berlalu.

Baca Juga:  Yakin Ade Yasin Bebas, Habaib, Kiai dan Ribuan Santri Gelar Istigasah

“Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 di Kepulauan Nicobar dirasakan masyarakat kota Sabang dan tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Andi menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Selasa 12 Juli 2022