Masyarakat Cirebon Resah Ada Penemuan Limbah Medis Berbahaya

JABARNEWS | CIREBON – Warga Desa Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, temukan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Pembuangan Sampah Sementara (TPS) Liar, tepatnya Samping Polsek Gebang.

Penemuan limbah media itu, dinilai berbahaya bagi masyarakat sekitar. Dari temuan tersebut, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, langsung mendatangi lokasi tersebut, sehingga pihak kepolisian diminta untuk melakukan penyelidikan atas temuan tersebut. Pasalnya limbah tersebut berpotensi untuk mengganggu kesehatan atau bahkan berujung pada kematian.

Baca Juga:  Soal Wacana Penundaan Pemilu dan Penambahan Jabatan Presiden, PKS Jabar Tunggu Langkah Tegas Jokowi

Dikatakan petugas kebersihan DLH Kabupaten Cirebon Kholid mengungkapkan, setelah mendapatkan laporan pihaknya langsung melakukan penyisiran sampah di titik-titik TPS liar yang berada jalur utama.

“Benar, kita lihat adanya tumpukan sampah yang diduga limbah medis berbahaya itu di TPS liar Blok Bunut, Desa Gebang,” katanya. Selasa (26/01/2021)

Atas temuan itu, petugas DLH Kabupaten Cirebon langsung melaporkannya ke melaporkan kepada Polsek Gebang untuk mengusut siapa pelaku pembuangan limbah B3 secara sembarangan tersebut.

“Kita langsung laporkan temuan ini ke Polsek Gebang, untuk menindak lanjuti temuan itu,” katanya.

Baca Juga:  Gak Ada Akhlak! Ayah Tiri di Bogor Lecehkan Anaknya yang Masih di Bawah Umur

Selang beberapa waktu petugas dari Polsek Gebang mendatangi lokasi dan mengambil contoh limbah B3 tersebut, untuk diamankan dengan menggunakan alat pelindung diri.

“Petugas Polsek sudah bawa sampel limbah B3 itu ke Polsek untuk dilakukan penyelidikan,” katanya.

Terpisah, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi melalui Kapolsek Gebang AKP Awan Suryawan mengungkapkan, pihaknya baru mengetahui adanya limbah B3 yang dibuang orang tak bertanggung jawab di TPS liar yang letaknya tak jauh dari Polsek Gebang.

Baca Juga:  MRP Wadah Relawan di Purwakarta yang bergerak membantu sesama

“Temuan limbah Medis di TPS Liar itu, kami akan lakukan Penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Pihaknya juga akan melakukan penyelidikan dan melaporkan ke Polresta Cirebon untuk meminta bantuan karena Polsek belum ada ahli di bidang tersebut.

“Tadi kita melihat ada alat suntik dan obat medis dengan jumlah cukup banyak untuk kategori sekelas TPS liar disini. Dan kita akan laporkan ke Polresta atas temuan ini,” katanya. (Arn)