Masyarakat Kota Bandung Wajib Tahu, Ini Empat Hal untuk Antisipasi Penyakit Hepatitis Akut

Ilustrasi penyakit hepatitis akut. (Foto: shutterstock).

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengeluarkan surat edaran sebagai upaya yang harus dilakukan masyarakat untuk antisipasi saat menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

Dalam surat edar tersebut, ada empat hal yang perlu diperhatikan masyarakat untuk antisipasi penyakit hepatitis akut.

Baca Juga:  Ini Tindakan Tegas Ema Sumarna Berantas Parkir Liar di Kota Bandung

Pertama, dengan menerapkan Perliaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai tindakan pencegahan, seperti mencuci tangan, dengan sabun, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, tidak melakukan kontak dengan orang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalnkan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Diskoperdagin: Tiga UMKM Bidang Transportasi Berbadan Hukum di Cianjur

Selanjutnya, jika memiliki gejala hepatitis (sakit kuning, sakit perut, muntah-muntah, diare mendadak, buang air kecil dengan warna seperti teh pekat, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran), segerakan untuk periksa ke dokter.

Baca Juga:  Kini, Warga Kota Bandung Bisa Curhat Apapun Disini!

Anda juga perlu memantau perkembangan informasi mengenai hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya di kanal resmi pemerintah (Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan), serta jangan ragu melapor ke Puskesmas apabila menemui orang yang mengalami gejala penyakit hepatitis.