Mengenal Manfaat Dari Biji Buah Pinang, Diantaranya Menjaga Kesehatan Mulut

JABARNEWS | BANDUNG – Buah pinang adalah biji dari tanaman kelapa yang bernama Areca catechu. Meskipun tergolong sebagai biji, buah pinang sebenarnya cukup lunak ketika matang sehingga dapat diiris dengan mudah.

Biji buah pinang biasanya digunakan untuk berbagai pengobatan dengan cara dimakan mentah, dikeringkan, direbus, dipanggang, ataupun dibakar. Biasanya, biji buah ini akan dihaluskan atau diiris, lalu dibungkus dengan daun sirih untuk dikunyah.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat daru buah biji pinang yakni:

Baca Juga:  Waduh, Ada Bantuan Sembako BPNT Tak Layak Konsumsi di Bandung Barat

Pertama. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut – Buah pinang diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini berkat kandungan zat antibakteri dalam buah pinang yang dapat membunuh bakteri jahat di rongga mulut serta gigi dan gusi.

Buah ini pun digunakan secara tradisional untuk membersihkan mulut dan mengatasi masalah pada gigi dan mulut, seperti mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi.

Baca Juga:  Ini Penyebab Kebakaran yang Hanguskan Rumah Warga di Gegerbitung Sukabumi

Kedua. Mencegah dan mengatasi anemia – Buah pinang juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah pinang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia.

Selain mengonsumsi buah pinang, anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

Baca Juga:  Begini Langkah Cegah Diabetes Sejak Dini Menurut Dokter Cantik Clarin Hayes

Ketiga. Menurunkan tekanan darah – Manfaat dari buah biji pinang yang berikutnya adalah bisa menurunkan tekanan darah berlebih. Hal tersebut terjadi karena kandungan yang terdapat dalam buah tersebut.

Kandungan zat tanin dan kalium yang tinggi pada buah pinang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini menjadikan buah pinang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. (Red)