Mengenal Ragam Manfaat Daun Tulsi Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Tulsi merupakan tanaman herbal yang telah lama digunakan pada Ayurveda dan pengobatan tradisional lainnya di India. Tentunya hal tersebut sungguh bermanfaat.

Saat ini telah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui kandungan tulsi dan pengaruhnya bagi kesehatan. Ternyata tulsi memang terbukti banyak mengandung senyawa organik yang memiliki manfaat medis.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat daun tulsi bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Duh, Ikan Di Jatiluhur Purwakarta Mati Massal, Ini Penyebabnya

Pertama. Mengobati demam –  Khasiat ini didapat dari minyak atsiri dan fitonutrien yang terdapat di dalamnya, yang bersifat sebagai antibiotik, agen kuman, fungisida, dan desinfektan yang sangat baik untuk mengatasi infeksi bakteri, virus, dan jamur.

Umumnya demam disebabkan oleh infeksi parasit seperti jamur, protozoa (malaria), bakteri (tifus), virus (flu), hingga zat alergen. Berbagai kandungan dalam daun tifus dapat mengatasi berbagai penyebab demam tersebut.

Baca Juga:  Prajurit TNI Berdialog dengan Lansia

Kedua. Mengatasi hampir semua jenis gangguan pernapasan – Selain mengatasi infeksi bakteri, virus, dan jamur pada saluran pernapasan. Tentunya hal tersebut bisa kalian manfaatkan.

Tulsi juga dapat melancarkan saluran pernapasan karena adanya berbagai komponen seperti eugenol, camphene, dan cineol. Senyawa tersebut dikenal efektif dalam mengobati hampir semua gangguan pernapasan.

Baca Juga:  Kompak, Rampak Kendang TNI-Polri

Ketiga. Mencegah penyakit jantung – Kandungan vitamin C dan eugenol di dalam merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh, utamanya jantung dari bahaya radikal bebas. 

Bahkan eugenol dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini tentunya dapat membuat jantung lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung. (Red)