Niskala Institute Mulai Teliti 11 Makam Kuno di TPU Dumuskadu Sukabumi, Apa Hasilnya ?

Penelitian makam kuno di TPU Dumuskadu, Kabupetan Sukabumi. (Foto: sukabumiupdate.com)

JABARNEWS | SUKABUMI – Sebanyak 11 makam kuno yang ditemukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dumuskadu di Kampung Tangkolo, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi mulai diteliti Niskala Institute pada Rabu (6/7/2022).

Pusat studi dan dokumentasi kebudayaan, sejarah, dan peradaban nusantara yang berpusat di Bandung ini meneliti sejumlah batu nisan beraksara kuno yang pertama kali oleh warga di bagian barat di laha seluas 65×21 meter persegi. Konsentrasi penelitian ini dimaksudkan sebagai pengumpulan data awal.

Baca Juga:  Prajurit Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Kebal Digigit Ular Berbisa

“Ini hanya sebagai data awal untuk disampaikan ke beberapa pihak. Mudah-mudahan ada analisis dari tim lain yang akan melanjutkan. Tadi yang sudah teridentifikasi ada sekitar 11 makam kuno,” ucap Kepala tim peneliti Niskala Institute Muhamad Noza pada Rabu (6/7/2022).

Baca Juga:  Viral ! Video Aksi Tawuran Pelajar Sukabumi di Rel KA, Begini Kata Polisi

Noza mengatakan ada penemuan makam kuno baru yakni makam yang bertuliskan tahun 1319 Hijriah atau 1901 Masehi. Tim peneliti Niskala Institute juga menemukan beberapa tulisan nama pada batu nisan. Tetapi, nama-nama tersebut masih perlu dikonfirmasi, apakah nama yang dimakamkan atau bukan.

Baca Juga:  Ini Cara Seniman Majalengka Peringati Sumpah Pemuda

“Nama-nama yang ditemukan hanya terdiri dari satu suku kata. Juga di prasasti ada nama tempat Tigalaya, dari aksara cacarakan. Tapi semuanya perlu dikonfirmasi,” kata Noza yang merupakan mahasiswa S2 Antropologi Universitas Gadjah Mada atau UGM. Noza ditemani empat temannya, lulusan Arkeologi Universitas Indonesia atau UI.